Exxon Akan Eksplorasi Migas Besar-besaran di Aceh

Ilustrasi rig lepas pantai.
Sumber :
  • REUTERS/Andy Buchanan/Pool/Files

VIVA.co.id - ExxonMobil akan melakukan eksplorasi minyak dan gas (migas) di Aceh secara besar-besaran. Perusahaan minyak asal Amerika Serikat ini juga sudah mengoperasikan kembali ladang minyak Blok A di Aceh.

Prioritas Kebijakan Menteri ESDM Baru Arcandra Tahar

Dilansir dari situs Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Selasa 15 Desember 2015, eksplorasi migas besar-besaran ini disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam sambutannya pada Peringatan Hari Nusantara ke-15 di Pelabuhan Perikanan Samudra Lampulo, Aceh, akhir pekan lalu.

JK mengatakan, dengan adanya aturan baru mengenai pengelolaan blok migas, eksplorasi besar-besaran di Aceh ini diharapkan dapat memberi manfaat yang besar bagi masyarakat luas. Namun demikian, harus diingat bahwa pengelolaan sumber daya alam ini memerlukan pengetahuan, teknologi dan modal serta semangat yang besar.

Pertamina Bakal Ngebor Migas di Laut China Selatan

"Sumber daya itu akan menjadi tontonan apabila kita tidak mempunyai ilmu pengetahuan, upaya dan semangat yang besar. Untuk itu para generasi muda harus dapat menjadi sumber inspirasi masa depan," ujar Wapres.

Menurut JK, laut dapat menjadi sumber kekuatan apabila dijaga dengan sebaik-baiknya. Antara lain dengan cara menertibkan secara hukum pengelolaan perikanan secara ilegal, serta menjadikan angkatan laut sebagai kekuatan, yang dapat menjaga kedaulatan Indonesia sebagai negara maritim.

Produksi Pertamina EP Cepu Capai 170 Ribu Barel per Hari

(mus)


Penandatangan kerja sama Pertamina dan NIOC

Pertamina Akan Kembangkan Ladang Minyak Raksasa Iran

Cadangan minyak diperkirakan lebih dari lima miliar barel minyak.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016