IHSG di BEI Diprediksi Terus Menguat Jelang Akhir Tahun

Suasana Bursa Efek Indonesia (BEI).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Sikap Pasar Modal dan Rupiah Soal Aksi Damai 4 November
- Perjalanan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia hari ini diperkirakan menguat dengan dorongan hawa segar dari pasar global. Itu seiring dengan tren positif di Wall Street dan sejumlah bursa utama di Asia Pasifik pagi ini.

IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya

"Hari ini IHSG berpotensi melanjutkan penguatan," kata analis dari PT Asjaya Indosurya Securities, William Surya Wijaya, di Jakarta, Kamis 17 Desember 2015.
Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah

William mengatakan, jelang penghujung tahun ditandai kenaikkan harga saham-saham saat pesta libur natal dan tahun baru (Santa Rally). Rilis data ekonomi makro turut mendorong naiknya IHSG.

"IHSG kembali merangsek naik seiring hawa segar dari pasar global, pergerakan IHSG menjelang penghujung tahun menunjukkan tanda-tanda Santa Rally," kata dia di Jakarta, Kamis 17 Desember 2015.

Meskipun demikian, kewaspadaan tetap perlu diperhatikan lantaran masih belum pulihnya harga komoditas minyak, serta masih terjebaknya nilai tukar rupiah di zona merah.

"Meskipun ini dapat dikatakan wajar terjadi di penghujung tahun," ujarnya.

Diutarakannya, di tahun mendatang sebaiknya pelaku pasar khususnya investor merespon dengan melakukan aksi akumulasi beli. Pasalnya saat ini merupakan momentum tepat membeli saham dengan likuiditas bagus.

"Support (batas bawah) saat ini berada pada level 4.370, dengan resistance (batas atas) berada pada level 4.504 yang wajib digapai untuk memperkuat pola tren naik jangka pendek IHSG," tutur dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya