Harga Anjlok, Penjualan Perhiasan Emas Melonjak

Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Ayu Pitaloka
VIVA.co.id
Mau Jual Emas? Harganya Naik Hari Ini
- Permintaan perhiasan emas gaul pada akhir tahun mengalami peningkatan. Mengikuti harga emas yang turun, emas dengan kadar 37,5 persen banyak diburu remaja, lantaran memiliki model yang beragam jika dibandingkan dengan perhiasan yang menggunakan kadar emas tinggi 24 karat.
 
Harga Emas Stabil di Tengah Pelemahan Dolar
Ahmad Wawan, penjual emas di Kota Malang, menyebut perhiasan emas gaul sengaja menggunakan campuran emas rendah untuk menekan harga jual. 
Pasarnya adalah remaja yang suka dengan aneka model perhiasan.
Harga Emas Naik Gara-gara Dolar Jatuh

“Per gramnya Rp250 ribu, kadar emasnya 37,5 persen. Modelnya memang bagus-bagus dan pembelinya rata-rata orang yang sering berganti model karena cepat bosan,” kata Wawan, penjual emas toko Bulan Purnama, Senin, 28 Desember 2015.
 
Harga emas gaul separuh lebih murah dibandingkan harga perhiasan dengan kadar emas 24 karat yang dipatok sebesar Rp525 ribu per gram atau Rp425 ribu per gram untuk perhiasan dengan kadar 75 persen. 

Sementara sepintas tak terlihat perbedaan mencolok antara perhiasan berkadar emas tinggi dengan emas gaul.

"Harga emas perhiasan rata-rata turun sekitar Rp2.000 sejak Kamis, 24 Desember 2015, dibandingkan saat ini. Penjualan emas gaul saat ini mencapai 50 persen, sisanya perhiasan dengan kadar emas tinggi dan emas lantakan,” katanya.
 
Selain harganya murah, nilai investasi pada perhiasan emas gaul juga sama dengan nilai investasi pada emas perhiasan dengan kadar emas lebih tinggi.

"Kalau dijual harganya sama-sama dipotong tujuh persen, tak ada bedanya,” katanya. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya