Buat Sirkuit Sekelas Moto GP, Pemerintah Siapkan 15 Hektare

Pembalap Honda, Casey Stoner, bersaing dengan Valentino Rossi
Sumber :
  • REUTERS/Regis Duvignau
VIVA.co.id
Menjadi Favorit Juara, Marquez Enggan Sesumbar
- Pemerintah terus berupaya menggenjot pendapatan negara melalui sektor pariwisata. 

BKPM Dorong Investasi Pariwisata di Pulau Kalimantan
Setelah sebelumnya menyiapkan 10 tujuan‎ destinasi wisata Tanah Air, pemerintah juga merencanakan membuka sirkuit balap, yang nantinya bisa menjadi tujuan komersil, atau bahkan bisa menjadi perhelatan Moto GP.

Soto-Sate Padang Dulu, Sebelum Balapan Tour de Singkarak
‎Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Ferry Mursyidan Baldan, mengatakan untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya saat ini sedang mencari lahan yang strategis untuk bisa dibangunnya sirkuit tersebut.

"Kami akan siapkan lahan untuk sirkuit sekitar 10 sampai 15 hektare. Tempatnya, mungkin di sekitaran Jabodetabek," ujar Ferry, di kantornya di Jakarta, Kamis 28 Januari 2016.

Menurut Ferry, setelah nanti lahan tersebut sudah siap dibangun, pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Pariwisata.

"Kami akan buat, pokoknya kelasnya seperti Moto GP. Yang penting, kami sediakan lahan. Nanti itu memang punya pemerintah, akan kerja sama dengan pihak swasta untuk pengelolanya," katanya.

Selain itu, kapan target ini akan terealisasi, Ferry berharap, pada 2018 sudah bisa terealisasi. Karena, menurutnya, selain ada sirkuit, nanti juga akan dibangun hotel dan tempat pariwisata lainnya. 

Hal itu diharapkan bisa ikut menstabilkan kondisi perekonomian Indonesia yang saat ini masih dalam kondisi labil.

‎"Yang penting nanti akses (jalannnya) mudah dijangkau, nanti kalau ada lahannya, bisa kami tambah misalnya buat hotel. Secepatnya akan kami realisasikan," ujarnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya