Mumpung Murah, Emas Diburu untuk Investasi

VIVAnews - Penurunan harga emas membuat banyak orang lebih memilih membeli daripada menjual emas. Perhiasan emas lebih banyak diburu, meskipun dengan harga lebih mahal daripada emas koin atau lempengan.  

Sofi (35 tahun), salah seorang pembeli yang tengah melakukan transaksi mengaku harga emas yang turun lebih menguntungkan dirinya untuk membeli emas. Pegawai swasta ini lebih senang menukarkan hasil tabungannya dalam bentuk perhiasan emas.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

"Kalau perhiasan masih bisa dipakai, tapi kalau dalam bentuk koin logam mulia, hanya bisa disimpan saja," kata dia kepada VIVAnews di salah satu toko emas di kawasan pertokoan emas Jalan Melawai Blok M, Jakarta Selatan Selasa, 7 Juli 2009.

Sofi yang juga mengaku sudah memiliki langganan sendiri itu mengatakan lebih aman membeli sekarang untuk berjaga-jaga saat harga emas naik di kemudian hari. "Saya beli emas sebagai tabungan. Kita kan tidak tahu kapan harganya naik lagi," kata dia.

Annida Ratna (23 tahun), yang ditemui VIVAnews sedang memilih aneka perhiasa kalung dan gelang juga mengatakan membeli emas merupakan keperluan yang tidak bisa ditunda. Terutama, ketika menjelang pernikahan.

"Karena memang butuh, karena ingin menikah. Jadi, berapa pun harganya ya tetap beli. Kebetulan harganya turun sekarang," kata wanita berambut panjang itu.

Namun, walau lebih banyak yang membeli, ada pula yang melakukan transaksi jual emas. Winna (45 tahun), seorang ibu rumah tangga menjual emasnya di toko yang sering menjadi langganannya. Dirinya menjual cincin dan gelang emasnya.

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

"Saya jual karena memang ada kebutuhan meski harganya turun. Nanti beli lagi," katanya. Ibu beranak empat ini mengaku menjual dan membeli emas selain sebagai perhiasan juga untuk berjaga-jaga kalau ada kebutuhan mendadak seperti sekarang.  

Mita, pemilik Toko Mas Sumatra mengatakan walau harga emas dalam bentuk perhiasan lebih  mahal, kebanyakan pembelinya memilih perhiasan. "Harga emas koin atau lempeng lebih murah karena tidak ditambahkan biaya tukang," ujarnya.

Biaya pembuatan perhiasan, dia menambahkan, berbeda-beda tergantung rumit tidaknya model perhiasan emas. Untuk model perhiasan yang sederhana biaya pembuatan bervariasi dari ribuan hingga belasan ribu pergram.

Selain menjual aneka perhiasan emas, Mita juga menyediakan koin dan lempeng emas dari divisi usaha Antam dan Logam Mulia. Tidak seperti perhiasan, koin atau lempeng logam mulia tersebut biasanya dipakai sebagai investasi murni. "Kebanyakan konsumen yang kesini membeli selain investasi juga untuk dipakai sendiri," katanya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka


antique.putra@vivanews.com

Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024