Mau Investasi Berlian, Ini Cara Mudah Tes Keasliannya

Berlian Centenary
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Di tengah pelemahan pasar keuangan, komoditas save haven menjadi alternatif investasi saat ini. Selain emas dan logam mulia lainnya, berlian merupakan salah satu pilihan berinvestasi aman saat ini, dengan dibalut perhiasan maupun model lainnya. 

Dituding Nikahi Sukhdev Singh karena Uang, Bunga Zainal Beri Jawaban Menohok

Dilansir dari Business Insider, Senin 15 Februari 2016, untuk mengetahui keaslian berlian, pembeli umumnya melakukan tes di laboratorium batu mulia. Tetapi, tahu kah Anda ada metode pengetesan awal yang mudah dilakukan oleh Anda.  Berikut ini caranya: 

1. Melihat secara detail menggunakan kaca pembesar

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan

Dengan kaca pembesar, kita bisa melihat jika ada ketidaksempurnaan potongan Berlian yang akan dibeli. Berlian asli biasanya memiliki potogan-potongan bentuk yang sempurna. 

2. Gosok Berlian dengan amplas

Yusril Cs Bakal Menghadap Prabowo Malam Ini, Lapor Hasil Sengketa Pilpres di MK

Anda bisa gosokan amplas di Berlian tersebut, untuk mengetes kekerasannya. Jika ada goresan, bisa dipastikan berlian itu palsu, sebab berlian merupakan salah satu batu terkeras di dunia dan tidak mudah tergores. 

3. Lakukan tes kabut

Langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk mengetes keaslian Berlian, yaitu dengan cara menghembuskan nafas panas dari mulut Anda ke batu itu. Jika ada kabut di Berlian itu, keasliannya diragukan. Berlian asli tahan panas, sehingga udara panas tidak menempel dan menghasilkan kabut di permukaan ketika dihembuskan. 

4. Melihat kilauannya dibalik cahaya. 

Berlian memancarkan kemilau yang unik, di dalam batu itu bisa terpancar cahaya abu-abu dan putih. Sementara itu, di sisi luar kemilau yang dihasilkan seperti pelangi. 

Berlian palsu akan memancarkan kemilau pelangi dari sisi dalam.  (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya