100 Koperasi Terbaik Dunia Ada di AS, RI Cuma Satu

Lapor Harta Kekayaan Menteri Koperasi dan UKM Datangi KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Koperasi Indonesia saat ini, berhasil menembus peringkat dunia. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, mengaku kaget dengan capaian tersebut.

Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

"Sudah ada yang berhasil menembus koperasi dunia, yaitu Kisel (Koperasi Telkomsel) yang berada di peringkat 123 dari 300 koperasi. Kami cukup kaget," kata Puspayoga dalam rapat Kementerian Koperasi dan UKM dengan Komite Ekonomi Industri Nasional di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Senin 15 Februari 2016.

Dia mengatakan, International Co-operative Alliances (ICA) telah merilis 300 koperasi terbaik dunia. Negara yang "menyumbang" banyak koperasi terbaik adalah Amerika Serikat.

Presiden KSPSI Harap Kemandirian Organisasi Buruh Terbangun Lewat Koperasi

"Seratus (koperasi) yang terbaik ada di Amerika Serikat. Kita hanya kebagian satu," kata dia.

Selain itu, Puspayoga mengatakan pihaknya tengah menata dan merehabilitasi koperasi di Indonesia. Misalnya, dengan memutakhirkan data koperasi lewat online database system, membubarkan koperasi, dan menertibkan koperasi dengan membentuk Deputi Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM.

Teten: Pupuk Subsidi di Indonesia Suka Hilang Waktu Dibutuhkan Petani

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, sebanyak 62.239 koperasi telah dibekukan dari sistem database Kementerian Koperasi dan UKM dan 147.249 unit koperasi yang diberikan nomor induk koperasi. (asp)

Pendampingan pembentukan koperasi di Banyuasin

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan arahan agar jajarannya mampu membangun ekosistem baru di sektor pertanian dan membuat pertanian diminati anak muda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024