Bandung Targetkan Kunjungan 1 Juta Wisatawan Asing

objek wisata kawah putih, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
Sumber :
  • Antara/ Rezza Estily

VIVA.co.id - Pembenahan yang dilakukan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, dalam beberapa tahun terakhir membuat Pemkot Bandung optimistis Kota Kembang menjadi salah satu favorit kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

BKPM Dorong Investasi Pariwisata di Pulau Kalimantan
Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kota Bandung, berdasarkan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), pada tahun ini menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 5,6 juta orang. Satu juta orang di antaranya, diharapkan merupakan wisatawan mancanegara (wisman).
 
Soto-Sate Padang Dulu, Sebelum Balapan Tour de Singkarak
"Dalam setahun target kunjungan wisatawan 5,6 juta orang, satu jutanya kami harapkan dari luar negeri. Itu adalah angka optimisnya, tahun sebelumnya target wisatawan asing adalah 500 ribu orang," ujar Kabid Pemasaran Disbudpar Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari, di Balai Kota Bandung, Kamis, 18 Februari 2016.
 
Toba Gran Fondo 2016 Kelilingi Kaldera Danau Toba
Menurut Kenny, untuk mencapai target tersebut, selain mempersiapkan infrastruktur, peningkatan dan aktivitas kegiatan promosi pun lebih ditingkatkan. 
 
"Rencananya sepanjang tahun ini, kami menggelar 10 event yang terbagi kepada skala lokal, nasional, dan internasional yang dimulai pada Februari ini, yaitu Spekta Bandung Kuliner," katanya.
 
Spekta Bandung Kuliner akan diselengarakan di enam wilayah Kota Bandung, yakni Bojong Negara, Tegallega, Karees, Cibeunying, Ujungberung, dan Gedebage. 
 
Hal yang membedakan dari Spekta Kuliner, yaitu lebih mengintensifkan lagi kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti asosiasi kepariwisataan, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dan asosiasi chef Indonesia.
 
"Yang pasti, kami bukan sebagai agen penjual, tetapi promosi," tegas Kenny.
 
Dia menjelaskan, untuk Spekta Kuliner, sebanyak 30 stand akan disediakan secara gratis, dan sudah ada beberapa hotel, restoran, dan sejumlah chef yang akan menampilkan demo masak. 
 
Tak hanya itu, Spekta Kuliner akan dibagi menjadi enam tema yang diselenggarakan sesuai acara yang akan digelar, mulai Chinese New Year, Asian Africa, Ied Festival, Independence Day, HUT Kota Bandung, dan Bandung akhir tahun.
 
Dia menambahkan, tahun ini Disbudpar Kota Bandung berupaya lebih menggenjot kegiatan promosi pariwisata ke dalam dan ke mancanegara. 
 
Di antaranya, kata Kenny, merangkul negara-negara di Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Tengah, dan Amerika Latin yang sebelumnya tak pernah tersentuh oleh kegiatan promosi wisata Kota Bandung.
 
"Untuk itu, pada Maret kami akan menyelenggarakan Festival little Bandung, beberapa digelar di luar negeri. Di antaranya Bangkok, Tokyo, Dubai, dan salah satu kota di Amerika Latin," katanya.  
 
Nantinya, festival berskala kecil yang digelar di luar negeri tersebut menghadirkan berbagai acara tampilan budaya, travel dialog, yang melibatkan peran serta badan promosi dan asosiasi. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya