Tiga Daerah Ini Belum Siap Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Kepala BKPM, Franky Sibarani
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arie Dwi Budiawati

VIVA.co.id - Ada empat daerah baru yang diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yakni Sorong (Papua Barat), Merauke (Papua), Lhokseumawe (Aceh), dan Tanjung Kelayang (Pulau Belitung). Dari keempat wilayah, baru ada satu yang siap, yaitu Tanjung Kelayang. Sementara tiga daerah lain masih alami keterbatasan infrastruktur. 

Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani, mengatakan Sorong, Merauke, dan Lhokseumawe belum siap untuk menjadi KEK. Pemerintah masih harus mengonfirmasi beberapa hal.
 
IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya
"Tanjung Kelayang dari sisi infrastruktur, listrik, dan rencana pembangunan sudah sejalan," katanya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa, 1 Maret 2016.
 
Lebih Oke Mana, Ekonomi RI atau Brasil?
Diutarakannya, di Sorong ada dua pelabuhan yang diusulkan untuk dibangun. Namun pemerintah harus mengecek jarak antara dua pelabuhan ini. 
 
Begitu pula dengan Merauke. Pemerintah pusat akan mengecek status tanahnya. Nantinya, mereka akan mengundang pemerintah daerah setempat untuk pengecekan ini.
 
"Kemudian Lhoksumawe, ada beberapa informasi yang harus diperdalam," kata dia.
 
Franky menambahkan, empat daerah tersebut untuk fungsi yang berbeda-beda. Misalnya, Tanjung Kelayang diajukan untuk KEK pariwisata. "Sorong sebagai KEK pariwisata dan logistik pendukung Raja Ampat," kata dia.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya