Ini Keuntungan Pembentukan Holding BUMN Perbankan

Salah satu layanan BNI
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Holding BUMN Energi Diupayakan Terealisasi Tahun Ini
- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan
holding
Bentuk Holding BUMN, Menteri Rini Sowan ke Menko Darmin
perbankan plat merah. Rencana tersebut disambut baik oleh Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), Achmad Baiquni.

Dana Deklarasi Tax Amnesty Bank Mandiri Sudah Rp70 Miliar
Menurut Baiquni pembentukan holding bank BUMN mempunyai manfaat yang cukup luas. Salah satunya dapat membantu masing-masing bank untuk meningkatkan pencarian dana (rising fund).

"Kalau menurut saya sih holding itu ya akan sangat membantu perbankan. Dalam hal apa saja, misalnya rising fund, kalau nanti itu diholding nanti kan kami bisa negosiasi akan jauh lebih kuat dibanding kalau masing-masing bank itu melakukan pencairan dana," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa, 1 Maret 2016.

Selain itu, lanjut Baiquni, holding tersebut juga dapat meningkatkan sinergi infrastruktur antarbank BUMN. Sehingga, upaya kerja sama seperti penggabungan ATM dalam ATM Himbara bisa lebih maksimal.

Holding bank BUMN juga dinilai bisa meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki nantinya. "Masalah SDM segala macam kan holding juga nanti mempunyai database mengenai SDM itu. Jadi SDM terbaik mengenai satu bank itu bisa menjadi database holding nanti."

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya