Tanjung Kelayang Akan Dibuat Seperti Nusa Dua Bali

Kawasan ekonomi khusus Belitung.
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Tanjung Kelayang, Kepulauan Bangka Belitung, telah disetujui untuk dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata. Pemerintah pun membidik KEK itu bisa menyumbang triliunan rupiah untuk pariwisata.

Tujuh Hotel dengan Layanan Paling Mewah

Tanjung Kelayang diharapkan dapat menarik 500 ribu wisatawan mancanegara dan berkontribusi pada penerimaan negara di sektor pariwisata hingga USS$500 juta.

"US$500 juta itu, kalau dirupiahkan (kira-kira sebesar) Rp7 triliun," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, di Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu malam 2 Maret 2016.

Mau Menginap di Hotel Mewah Terbaik Dunia, Ini Daftarnya
Arief mengatakan daerah ini nantinya akan dibangun seperti Nusa Dua, Bali. Di sana akan dibangun sarana dan prasarana pariwisata, seperti hotel.
 
Soto-Sate Padang Dulu, Sebelum Balapan Tour de Singkarak
"Mirip dengan Nusa Dua. Tapi, kami bangunnya di lahan seluas 400 hektare," kata eks direktur utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk itu.
 
Selain itu, ia mengatakan bahwa KEK Tanjung Kelayang ini merupakan KEK yang pertama kali diputuskan sejak dikeluarkannya paket kebijakan ekonomi VI.
 
"Diharapkan menjadi destinasi tujuan utama (pariwisata)," kata dia.
 
Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengharapkan KEK Pariwisata dapat menarik wisatawan mancanegara untuk tinggal di Indonesia lebih lama sehingga meningkat perekonomian nasional.
 
"Destinasi wisata harus mampu menahan wisatawan untuk tinggal lebih lama," katanya. 
 
Badan pengelola diharapkan tak hanya mampu menjual keindahan alam, tapi juga membuat produk-produk pariwisata yang menarik minat wisatawan. Dikatakan bahwa Tanjung Kelayan punya keunggulan berupa wisata pantai dan pulau-pulau di sekitarnya. Tak hanya itu, daerah ini juga telah memenuhi seluruh persyaratan kelengkapan dokumen sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan KEK.
 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya