Jokowi Minta Izin di Daerah Harus Selesai dalam Hitungan Jam

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo meminta pemerintah daerah untuk mengikuti pemerintah pusat yang terus memperbaiki proses perizinan terhadap investasi. Yakni, saat ini melalui sistem pelayanan satu pintu, perizinan dapat diberikan dalam waktu tiga jam.

Bank Mandiri Jadi Penyalur Investasi Asing ke Daerah
“Jangan sampai ada lagi yang namanya ngurus izin-izin sampai bulan, apalagi sampai tahun. Hitungannya sekarang jam, kalau ngurus izin itu hitungannya jam,” kata Jokowi, dikutip pada laman Sekretariat Kabinet, Kamis, 3 Maret 2016.
 
BKPM Gandeng Bank Mandiri untuk Tampung Dana Investor
Jokowi menceritakan ketika baru dilantik, dia langsung memerintahkan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) serta menteri terkait, untuk menyederhanakan proses perizinan yang dapat menghabiskan waktu tiga hingga enam bulan, bahkan satu tahun.
 
Aliran Dana Asing ke RI Tembus Rp130 Triliun
“Pertama-pertama sih sulit-sulit, ada yang mau, ada yang tidak mau, ada yang masih tarik ulur. Karena saya tahu itu kue, saya tahu di situ banyak duit-nya. Sekarang Alhamdulillah mengurus delapan izin, delapan izin bukan satu izin, delapan izin hanya tiga jam,” jelas Jokowi.
 
Jokowi mengingatkan pembangunan yang saat ini giat dilakukan harus diiringi dengan percepatan pelayanan kepada masyarakat, investasi yang masuk, arus modal, dan arus uang yang masuk.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya