AP II Siapkan Rp130 Miliar Perluas Bandara Palembang

Kantor Angkasa Pura II
Sumber :
  • Antara/ Muhammad Iqbal

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo meninjau persiapan rencana perluasan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Kunjungan tersebut dilakukan guna memastikan persiapan sarana prasarana pendukung penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games 2018 berjalan dengan baik.

Terminal 3 Beroperasi, Proyek Kereta Bandara Soetta Dikebut
 
Otoritas bandara itu, PT Angkasa Pura (AP) II, menyatakan telah menggelontorkan dana Rp130 miliar untuk meningkatkan kapasitas pelayanan penumpang di bandara yang diproyeksikan rampung pada Juli 2018.
Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi
 
Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi menjelaskan, fasilitas terminal di bandara yang awalnya hanya berkapasitas 3,4 juta penumpang akan ditambah menjadi 4 juta penumpang. Selain itu, akan dilakukan penambahan counter check in menjadi 43 area di bandara tersebut.
Menhub Klaim Terminal 3 Bisa Saingi Bandara Tercanggih
 
“Untuk memperlancar operasional dan pelayanan penerbangan, bandara ini akan memperluas area sehingga bisa menampung 15 unit pesawat, dan kami juga menambah fasilitas garbarata dari 5 unit menjadi 8 unit,” kata Budi Karya di Jakarta, Kamis, 3 Maret 2016.
 
Budi mengungkapan, hingga hari ini, perencanaan perluasan masih sesuai jadwal. AP II menargetkan penyelesaian perluasan bandara di Palembang ini rampung seluruhnya sebelum pelaksanaan Asian Games.
 
Dalam rangkaian kunjungan ke wilayah Sumatera, Presiden Jokowi juga meninjau pembangunan Light Rail Trail (LRT) Zona 1 di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan pembangunan Jalan Tol Palembang-Indralaya.
 
"Kedua sarana infrastruktur transportasi tersebut nantinya akan mendukung, guna memberikan kemudahan dan kelancaran akses ke bandara," ucapnya.
 
Budi menjelaskan, pengembangan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang tersebut tidak sebatas sebagai upaya menyukseskan pelaksanaan pesta olah raga Asian Games 2018, tapi juga untuk mendorong perekonomian daerah setempat. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya