Lima Kesalahan Pebisnis Online yang Sering Tidak Disadari

Ilustrasi online.
Sumber :
  • http://rumpitekno.com

VIVA.co.id - Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, membuat orang beramai-ramai melakukan berbagai terobosan dalam melakoni dunia bisnis. Segala kemudahan dan kesempatan yang ada seakan tidak ingin disia-siakan oleh sebagian besar pelaku bisnis untuk memaksimalkan usaha yang mereka jalankan, salah satunya dengan terjun ke dunia bisnis online.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
 
Pada dasarnya bisnis online bukanlah sebuah bisnis yang sulit untuk dijalankan dan bisnis ini juga tidak diperuntukkan hanya bagi orang-orang yang telah malang melintang di dalam dunia bisnis. Namun Anda yang belum memiliki pengalaman juga bisa melakukannya.
Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi
 
Sejak marak dan digeluti oleh banyak orang bertahun-tahun lalu, perkembangan bisnis online telah menunjukkan kemajuan yang menjanjikan. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana tingginya keinginan masyarakat untuk bisa berbelanja secara online dan tentu saja itu berbanding lurus dengan tingginya keinginan masyarakat untuk terjun dan melakoni bisnis online itu sendiri.
E-Commerce 'Bonek' Berambisi Taklukkan Ibu Kota
 
Hampir dalam segala hal, memulai akan selalu lebih mudah daripada mempertahankannya tetap berkembang, hal ini juga berlaku dalam bisnis online. Banyak orang yang memilih bisnis online karena menganggap bisnis tersebut lebih mudah untuk dilakukan dan tidak akan memakan banyak waktu dan tenaga. Namun  justru anggapan seperti inilah yang sering membuat seseorang tidak bisa sukses dalam menjalankan bisnis online.
 
 
Ada banyak bisnis online yang mengalami kegagalan hanya karena berbagai macam alasan yang terkadang justru sangat sederhana. Untuk itu, Anda sebagai pelaku bisnis online perlu mencermati beberapa kesalahan yang sering menjadi pemicu kegagalan dalam menjalankan bisnis online seperti di bawah ini:
 
1. Tidak memiliki rencana bisnis yang matang
 
Meski kelihatannya bisnis online lebih mudah dilakukan dan terlihat sangat simpel dalam pelaksanaannya, namun di dalam prakteknya hal ini justru akan lebih rumit bila dibandingkan dengan berbagai jenis bisnis lainnya yang dijalankan secara offline. Untuk menjalankan bisnis online, Anda membutuhkan sebuah rencana bisnis yang sangat matang dan beragam strategi yang bisa digunakan dalam mendongkrak angka penjualan.
 
Rencanakan dan susun semua strategi jitu yang Anda miliki sebelum menerapkannya di dalam bisnis online yang akan dijalankan. Dengan demikian, Anda tidak hanya akan menjadi seorang pebisnis yang bisa memulai saja, namun bisa juga menjadi seorang pebisnis yang sukses menjalankan bisnis online.
 
 
2. Hanya fokus pada hal kecil
 
Bisnis bukan hanya apa yang ada hari ini saja, namun apa yang akan dicapai di hari esok juga. Jangan membuang-buang waktu hanya untuk berbagai macam hal yang tidak penting, pikirkan bagaimana caranya bisa mengembangkan bisnis Anda dan membawanya ke level yang lebih tinggi lagi. 
 
Gunakan waktu yang ada untuk mengembangkan bisnis, bukan untuk mengurus berbagai hal yang tidak memiliki dampak positif bagi perkembangan bisnis itu sendiri.
 
3. Tidak mengkhawatirkan modal
 
Modal yang dikeluarkan masih sedikit, tidak begitu besar, atau bahkan tidak terlalu mengurangi jumlah uang tabungan Anda? Akan selalu banyak alasan bagi orang untuk membiarkan sejumlah uang yang dimodalkannya terbuang dengan percuma, di mana mereka membiarkan bisnis yang dimodalinya tidak berkembang dan sukses menghasilkan laba.
 
Terlalu sepele, itulah masalah utamanya. Namun pada kenyataannya sesedikit apapun modal yang Anda keluarkan, bila hal tersebut dilakukan dalam waktu yang berulang-ulang, maka bisa dipastikan pada satu titik Anda akan kehabisan modal bukan?
 
4. Terlalu anggap remeh pada produk sendiri
 
Jangan menetapkan harga yang terlalu rendah, sehingga Anda mengalami kebangkrutan di kemudian hari. Bagaimana tidak, bila ternyata Anda selalu menerapkan harga jual yang rendah dan tidak mampu menghasilkan sejumlah laba penjualan, maka lama-kelamaan modal yang Anda miliki akan habis menutupi berbagai macam biaya operasional.
 
 
5. Tidak memaksimalkan promosi di media sosial
 
Akses masyarakat ke dalam sosial media begitu besar, tapi Anda tidak memaksimalkannya dengan baik. Jangan sepelekan kegiatan ini karena pada dasarnya ada banyak orang yang sukses di bisnis online dengan cara mengandalkan media sosial sebagai wadah promosi.
 
Kembangkan usaha Anda dengan kreatif
 
Pada dasarnya bisnis online bukanlah bisnis yang mudah untuk dijalankan, Anda membutuhkan segudang ide dalam mengembangkannya. Jangan pernah bosan untuk memikirkan terobosan dan gagasan baru dalam mengembangkan bisnis online yang Anda jalankan, dengan begitu Anda bisa meraih kesuksesan.
 
 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya