Jokowi akan Resmikan Pusat Logistik Berikat

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Agus Suparto/Biro Pers-Setpres

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo akan meresmikan beroperasinya Pusat Logistik Berikat (PLB). Peresmian dilakukan di kawasan industri Cipta Krida Bahari, Cakung, Jakarta Timur.

Resmi Beroperasi, Dua Pusat Logistik Harapan Baru Ekonomi Nasional

Sejumlah perusahaan telah ditetapkan sebagai pengelola. Di antaranya adalah Cikarang Dry Port melalui PT Gerbang Teknologi Cikarang, anak perusahan PT Jababeka.

"Kami menyambut baik terobosan pemerintah mengeluarkan payung hukum untuk fasilitas PLB di Indonesi. Kami akan memulai dengan PLB untuk komoditas kapas guna mendukung industri tekstil dan produk tekstil nasional. Kami bekerja sama dengan Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) untuk mewujudkan PLB kapas ini," ujar Direktur PT Gerbang Teknologi Cikarang, Benny Woenardi, dalam siaran persnya.

Inovasi Jasa Logistik, Krowrier Ajak Commuter Raih Penghasilan Tambah

Keberadaan Pusat Logistik Berikat (PLB) merupakan realisasi dari paket kebijakan ekonomi jilid II, yang dikeluarkan pemerintah pada Oktober 2015. Adapun payung hukum PLB ini, yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 85 tahun 2015 tentang Perubahan atas PP Nomor 32 tahun 2009 tentang Tempat Penimbunan Berikat serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 272/PMK.04/2015 tentang Pusat Logistik Berikat.

PLB tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Ada kapas dan produk susu serta turunannya, di Cikarang. Ada spare part otomotif di Karawang, peralatan penunjang industri hulu migas di Balikpapap, produk pertanian dan alat berat di Marunda, dan penimbunan BBM di Merak Banten. (ren)

Asosiasi Logistik Resah Tarif Kargo Sudah Naik 300 % Sejak Juni 2018
Ilustrasi logistik.

Cara Perusahaan Logistik Maksimalkan Kinclongnya Transaksi E-Commerce

Transaksi e-Commerce makin kinclong selama pandemi COVID-19. Hal itu pun berdampak pada seluruh industri penunjangnnya, termasuk logistik.

img_title
VIVA.co.id
8 Oktober 2022