Pemerintah Siap Subsidi Bunga 12 PDAM

VIVAnews - Departemen Pekerjaan Umum (PU) mempersiapkan subsidi bunga bagi kelangsungan program restrukturisasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). 12 PDAM siap meminjam dari perbankan dengan sistem subsidi bunga.

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Departemen PU Budi Yuwono, hingga Juli ini terdapat 79 PDAM yang telah masuk program restrukturisasi dari 179 PDAM seluruh Indonesia. "15 di antaranya sudah mendapat persetujuan Departemen Keuangan," katanya setelah pembukaan pendidikan dan pelatihan Penyidik Pegawai Negeri Sipil di Departemen PU Jakarta, Senin, 13 Juli 2009. 

Budi mengatakan, percepatan program restrukturisasi sesuai dengan Peraturan Presiden No. 29 tahun 2009 mengenai Jaminan Utang dan Subsidi Bunga. Dalam waktu dekat, pihaknya akan roadshow ke beberapa daerah. "Beberapa waktu lalu lalu ditunda karena adanya pemilihan presiden," ujarnya.

Melalui restrukturisasi, pemerintah mendorong agar kondisi seluruh PDAM di Indonesia menjadi sehat. Hal tersebut penting guna mewujudkan target 10 juta sambungan rumah (SR) baru air minum dalam lima tahun ke depan.

Menurut Budi, Pemerintah mensubsidi selisih suku bunga acuan Bank Indonesia dengan suku bunga bank umum. Subsidi suku bunga maksimum lima persen, agar ada kompetisi  bank yang memberi pinjaman kepada PDAM.

Dia mengilustrasikan, saat ini suku bunga acuan BI 6,75 persen dan suku bunga bank umum 10 hingga 12 persen, sehingga subsidi sekitar 3,25 persen. "Kita akan memberikan subsidi maksimum lima persen," kata Budi.

Sebagai langkah awal, 18 PDAM yang berkondisi sehat telah menyusun rencana bisnis dengan total investasi Rp 10,14 triliun.

Menteri PU Djoko Kirmanto menambahkan, dari total Rp 10,14 triliun tersebut 30 persen di antaranya akan berasal dari dana PDAM sendiri, serta bantuan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sedangkan Rp 7,1 triliun sisanya dari pinjaman perbankan.

Sementara itu, untuk 176 PDAM lainnya juga telah disiapkan program optimalisasi dengan prioritas tahun 2009-2010 dengan target sambungan rumah sebesar 1,4 juta unit.


antique.putra@vivanews.com

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 20 April 2024
ilustrasi zodiak

Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat

Ramalan zodiak Sabtu, 20 April 2024. Scorpio, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam properti. Sagitarius, waspadalah teman dekat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024