Ini Tantangan Terbesar Bagi Wirausaha Startup

Menulis di laptop.
Sumber :
  • securedgenetworks.com

VIVA.co.id - Director Ciputra Incubator and Accelerator Office of Internal Relations, Ivan A Sandjaja, menilai tantangan terbesar seorang entrepreneur adalah ada yang meniru. Karena itu, seorang entrepreneur harus terus berinovasi.

Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
"Kalau sudah ditiru, maka akan bersaing dengan dia. Maka, harus temukan inovasi lagi yang lebih baru," kata Ivan, dalam diskusi Young Entrepreneur-Start UP, Opportunity and Challenge di Citra Towers, Jakarta, Kamis 31 Maret 2016.
 
Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016
Menurutnya, entrepreneur yang sukses adalah yang bisa melihat masalah di masa depan sehingga bisa mencarikan solusinya. Tapi, inovasi tak berhenti di situ dan terus menerus berinovasi. 
 
Enam Startup Indonesia Kembali Berguru ke Markas Google
"Startup tumbuh 20 kali size-nya dalam kurun waktu lima tahun. Tapi, terserah berapa lama kita mendefinisikannya. Yang jelas, kalau dia tak berkembang, bisa dikatakan dia tak lagi startup yang inovatif," kata Ivan.
 
Dia menjelaskan, permasalahan yang terjadi pada para pebisnis startup, yakni ketika bisnis mereka berkembang lebih besar. Mereka disibukan dengan CEO serta mengurus financial dan marketing. Sehingga, mereka lupa dan berhenti berinovasi. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya