Nias Masih Gelap Gulita, PLN Segera Datangkan Genset 12 MW

Ilustrasi Pemadaman Listrik
Sumber :
  • VIVAnews/Darmawan

VIVA.co.id - Pulau Nias masih mengalami pemadaman listrik, karena dua pembangkit listrik tenaga diesel  (PLTD) Sewa 2x10 megawatt (MW) yang berada di Nias berhenti beroperasi.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus mengirim genset untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Tanö Niha. Genset didatangkan dari berbagai wilayah dan sedikitnya 35 petugas teknis PLN dari luar Kepulauan Nias dikerahkan.

Dilansir dari situs Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, genset dengan kapasitas 12 MW dari Langsa, Aceh, akan didatangkan untuk memenuhi kebutuhan listrik Nias. Genset diperkirakan akan didatangkan hari ini, Jumat 8 April 2016, atau esok hari, Sabtu 9 April 2016.

Kepulauan Nias sudah mengalami defisit listrik sebesar 74,07 persen sejak Jumat lalu. Beban puncak saat itu sebesar 24 MW dengan daya mampu hanya empat MW.

Saat ini, PLN Nias sedang menunggu 23 unit genset dengan total kapasitas 2.494,5 kilo volt ampere (kVA) yang didatangkan dari berbagai wilayah untuk mendukung kebutuhan listrik di Nias. Sementara itu, untuk menutupi kebutuhan penerangan di beberapa tempat ibadah, agar kegiatan masyarakat, PLN akan membagikan lampu solar cell.

Hingga saat ini PLN telah mengoperasikan 22 unit genset dengan kapasitas total 1.808 kVA. Genset-genset yang berasal dari wilayah Sumatera Utara dan Kepulauan Nias ini diutamakan untuk mendukung kebutuhan listrik di tempat-tempat pelayanan masyarakat, seperti kantor PDAM, kantor pengadilan dan kejaksaan, kantor polres, lapas, rumah sakit, sekolah, dan Kantor Pemerintah.

Untuk menambah pasokan listrik ke masyarakat, PLN juga berencana memobilisasi genset dari kantor-kantor pemerintahan. "Kita mengucapkan terima kasih atas upaya-upaya yang telah dilakukan PLN. Kalau bisa secepatnya, karena bagaimanapun perekonomian masyarakat terggangu," ujar Asisten I Bupati Kabupaten Nias, Maimun Zeboa.

Sebagai informasi, pemadaman ini terjadi karena dua PLTD Sewa 2x10 MW yang berada di Nias berhenti beroperasi pada Jumat lalu. Hal ini, akibat dari penyedia jasa sewa PLTD Nias melakukan pemutusan sepihak dan menolak perpanjangan kerja sama dengan PLN. (asp)

Puluhan Imigran Gelap Asal Srilanka Ditemukan di Laut Nias
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Masih di Bawah 30 Persen, TNI Gempur Pulau Nias dengan Vaksinasi

Vaksinasi di Kabupaten Nias Selatan 25,61 persen, Kabupaten Nias Barat 21,71 persen, dan Kabupaten Nias Utara 17,65 persen. Terendah dibanding daerah lain di Sumut.

img_title
VIVA.co.id
3 November 2021