Akankah Subsidi BBM dan Elpiji Dicabut?

SPBU
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said masih mempertimbangkan pencabutan subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan gas elpiji.

Kasus Ijazah Palsu, Polisi Periksa Ketua DPC Gerindra

Peninjauan ulang subsidi ini dilakukan secara bertahap melalui DPR, yang nantinya akan disahkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN-P) 2016.

"Melalui public dialogue, beberapa pengamat maupun anggota DPR membuka kemungkinan, mumpung harga minyak lagi rendah. Kita secara bertahap ingin menyelesaikan masalah subsidi, ada opsi meninjau kembali subsidi," kata Sudirman di kantornya, Senin 11 April 2016. 

Ia mengatakan, pihaknya akan mengusulkan pencabutan subsidi untuk BBM dan elpiji tersebut. Namun, kata dia, semua keputusan akan diserahkan melalui RAPBNP 2016 yang dirembukkan bersama DPR.

"Mengenai prosesnya kan harus lewat APBN-P. Jadi, kita tidak bisa mengatakan pemerintah akan mencabut, kita mungkin akan mengusulkan, nanti tergantung komisi VII DPR bagaimana," kata dia. 

Seperti diketahui, untuk BBM masih diberikan dengan skema penugasan oleh pemerintah kepada PT Pertamina untuk daerah luar Jamali (Jawa-Madura-Bali). Berkemungkinan besar skema penugasan itu akan dicabut oleh pemerintah termasuk untuk solar yang saat ini masih disubsidi pemerintah.

Sudirman menambahkan, untuk subsidi listrik, verifikasi data penerima subsidi bagi warga yang layak telah selesai dan pihaknya akan melaporkan data tersebut kepada DPR dan Presiden sebagai dasar pemerintah untuk memutuskan pencabutan subsidi listrik 900 Volt Ampere (VA) bagi masyarakat yang tergolong mampu. 

"(Subsidi listrik) belum tahu, tetapi verifikasi kan sudah selesai, kita akan laporkan. Nanti keputusan pemerintah bagaimana, mau segera atau ditunda itu tergantung situasi," tuturnya. (asp)

Perusahaan Tak Terdaftar dalam MOMI KESDM, Ini Alasannya
Massa aksi yang tergabung dalam aliansi Mahasiswa Bondowoso melakukan aksi penutupan jalan karena di larang masuk gedung DPRD Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

Ditolak Masuk Gedung DPRD, Mahasiswa Blokade Jalan Bondowoso-Situbondo

Jalan utama tersebut sempat macet total selama 30 menit

img_title
VIVA.co.id
25 September 2019