Jokowi Tegaskan Akan Cek Perkembangan Sinergi Kementerian

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo mengatakan, Brebes, Jawa Tengah, menjadi wilayah percontohan program sinergi antarkementerian untuk mengentaskan kemiskinan dan membangun ekonomi rakyat.

Seperti diketahui, hari ini, Senin 11 April 2016, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan program 'Sinergi aksi untuk ekonomi rakyat' di Sub Terminal Agropolitan Kecamatan Larangan, Brebes, Jawa Tengah.

"Intinya ini adalah kerja gotong royong, biasanya kerja kementerian sendiri-sendiri. Sekarang tidak boleh lagi, Brebes menjadi percontohan pertama untuk kerja sinergi. Saya yakin, kalau kerja bareng-bareng akan berhasil," ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan, akan mengecek sendiri perkembangan dari sinergi antara OJK, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Bank Indonesia, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kementerian Pertanian, Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informatika, serta pemerintah daerah.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, mengatakan dalam sinergi tersebut, Kementerian Perdagangan memfokuskan diri pada rantai pasok dari petani hingga ke konsumen.

"Kami fokus pada rantai pasok, ke aspek logistik. Misalnya, begitu gabah meninggalkan sawah, bagaimana penggilingan, pergudangan, kualitas dan harga yang ditawarkan. Memang ini permasalahannya harus terpadu, jadi tengkulak tidak bisa masuk," ujarnya. (asp)

Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman

Indonesia Peringkat Pertama Statistik Pertanian ASEAN

RI mengembangkan 20 jenis statistik pertanian.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016