Perempuan Profesi Ini Bergaji Lebih Tinggi Dibanding Pria

Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Pengusaha

VIVA.co.id – Selain tingkat pendidikan, gender menjadi salah satu faktor yang dipandang sebagai penyebab adanya kesenjangan gaji. 

Proyek PLTU Paluh Kurau Belawan 'Diserbu' Buruh Asing

Selama ini, pria dipandang lebih berambisi dalam mengejar karier serta memiliki kemampuan yang lebih baik dalam bernegosiasi, termasuk dalam melakukan negosiasi gaji, ketimbang wanita. 

Meski demikian, Jobplanet, platform komunitas online yang menampilkan informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, menemukan bahwa sekarang ini hampir tidak ada kesenjangan pendapatan antara pekerja pria dan wanita di Indonesia. 

Riset: Ini Rata-rata Gaji Pendidik Indonesia

Beberapa bidang pekerjaan bahkan memberikan gaji rata-rata yang lebih tinggi kepada karyawan wanita ketimbang karyawan pria.

Temuan tersebut diperoleh Jobplanet berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap informasi gaji dari sekitar 60.000 responden yang tersebar di 35 provinsi di Indonesia, yang terkumpul melalui situs Jobplanet.com hingga pertengahan Maret 2016. 

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Dalam analisisnya, Jobplanet membandingkan dan menghitung gaji rata-rata yang diperoleh karyawan pria dan wanita pada level staf dan manajer berdasarkan bidang pekerjaan mereka.

Gaji rata-rata engineer wanita lebih tinggi ketimbang gaji rata-rata engineer pria.

Dari total responden yang juga adalah pengguna Jobplanet, sekitar 46.000 di antaranya merupakan karyawan dari level staf dan sisanya atau sebanyak 14.000 responden, merupakan karyawan dari level manajer. 

Perbandingan jumlah antara responden pria dan wanita pada masing-masing level pekerjaan (staf dan manajer) adalah sama, yakni 49 persen pria dan 51 persen wanita.

Berdasarkan analisisnya, Jobplanet menemukan bahwa pada level staf, bidang-bidang pekerjaan yang memberikan gaji rata-rata lebih tinggi kepada karyawan wanita ketimbang karyawan pria adalah yang berhubungan dengan engineering, hukum, serta riset dan pengembangan (R&D).

Gaji rata-rata staf wanita yang bekerja di bidang engineering lebih tinggi 10,1 persen daripada gaji rata-rata staf pria di bidang yang sama. Sementara, gaji rata-rata staf wanita di bidang hukum lebih tinggi 10,2 persen dan gaji rata-rata staf wanita di bidang R&D lebih tinggi 10,1 persen daripada gaji rata-rata staf pria pada masing-masing bidang tersebut.

Pada level manajer, gaji rata-rata yang lebih tinggi diterima oleh manajer wanita yang bekerja di bidang pengembangan bisnis, engineering, keuangan dan akuntansi, serta bidang R&D. 

Gaji rata-rata manajer wanita yang bekerja di bidang pengembangan bisnis lebih tinggi 7,6 persen ketimbang gaji rata-rata manajer pria. 

Sementara, gaji rata-rata manajer wanita di bidang engineering lebih tinggi 13,2 persen, gaji rata-rata manajer wanita di bidang keuangan dan akuntansi lebih tinggi 10,0 persen, dan gaji rata-rata manajer wanita di bidang R&D lebih tinggi 14,1 persen daripada gaji rata-rata manajer pria pada setiap bidang tersebut.

“Hal ini tentu cukup mengejutkan, karena berdasarkan data yang kami peroleh dan analisis, ternyata beberapa bidang pekerjaan, terutama bidang engineering yang dikenal sebagai bidang yang didominasi oleh pria, justru memberikan gaji rata-rata lebih tinggi kepada karyawan perempuan,” kata Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, dilansir dari keterangan tertulis, Jumat 15 april 2016.

Perbandingan gaji rata-rata karyawan pria dan wanita

Berdasarkan analisis terhadap informasi gaji para responden secara keseluruhan, Jobplanet menemukan bahwa gaji rata-rata yang diterima oleh staf wanita di Indonesia adalah sebesar Rp3,6 juta atau lebih tinggi 1,1 persen dibandingkan dengan gaji rata-rata staf pria yang sebesar Rp3,621 juta. 

Sementara itu, gaji rata-rata manajer wanita di Indonesia adalah sebesar Rp7,696 juta atau lebih besar 4,6 persen dibandingkan gaji rata-rata manajer pria sebesar Rp7,356 juta. 

Angka-angka tersebut diperoleh dari perhitungan rata-rata gaji bersih yang diterima oleh karyawan, dan belum termasuk dengan bonus serta tunjangan mereka.

“Jika dihitung secara keseluruhan, gaji rata-rata yang diperoleh karyawan wanita juga lebih tinggi daripada gaji rata-rata yang diterima oleh karyawan pria, baik di level staf maupun di level manajer," tutur Kemas. 

Namun, perbedaan gaji rata-rata tersebut masih berada di bawah lima persen, sehingga dapat dikatakan bahwa hampir tidak ada kesenjangan gaji antara karyawan pria dengan wanita.

Hasil analisis Jobplanet ini juga menunjukkan bahwa semakin banyak wanita di Indonesia, terutama yang berada di kota besar, sudah mulai diperhitungkan dan dipercaya untuk mengisi berbagai posisi dalam perusahaan, termasuk posisi pada bidang-bidang yang didominasi oleh pria. 

Selain itu, banyak perusahaan juga sudah mulai mengakui kemampuan wanita dalam bekerja dan memberikan penghargaan yang baik kepada mereka.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya