Mau Bisnis Model Waralaba, Ini Panduannya

Ilustrasi Franchise.
Sumber :
  • Halomoney.

VIVA.co.id – Model bisnis sebenarnya ada banyak, tidak melulu sekadar membuka toko untuk menjual barang dagangan sendiri. Nah, salah satu model bisnis yang masih cukup populer hingga sekarang adalah bisnis waralaba, atau lebih umum dikenal dengan istilah bahasa Inggrisnya, franchise

Ingin Daftar Asuransi Syariah, Pahami Dulu 5 Hal ini

Apa sih keuntungannya menggunakan model bisnis ini? Keuntungannya adalah kita tidak perlu membangun sendiri sistem bisnisnya karena sudah disediakan pemilik franchise. Selain itu, kita juga tidak perlu repot mengurusi bidang pemasaran karena umumnya dilakukan sendiri oleh tim pemilik franchise. Hal ini menjadikan franchise sebagai model bisnis yang cukup disukai hingga sekarang.

Namun, meski tertarik dengan bisnis model ini, bukan berarti kamu bisa langsung mencairkan seluruh tabungan begitu saja dan membeli lisensi franchise apa pun yang kamu inginkan. Ada lima hal yang sebaiknya menjadi pertimbangan sebelum memulai bisnis franchise

Bocoran Itung-itungan KPR yang Belum Banyak Orang Tahu

1. Kenali potensi pasar

Sebelum memulai bisnis apapun, kita perlu mengetahui bagaimana potensi pasar dari franchise tersebut. Jangan sampai franchise yang sudah dibeli menjadi rugi karena segmen pasar kamu ternyata berbeda dengan apa yang seharusnya menjadi target pasar bisnis tersebut.

5 Persiapan Pasangan Muda Kalau Ingin Punya Rumah Sendiri

Baca juga: Utang Baik VS Utang Buruk - Kenalilah Mana yang Kamu Punya!

2. Kumpulkan data pendukung untuk mencari franchise yang tepat

Daripada asal memilih suatu merek franchise hanya karena kamu kebetulan mengingatnya, cobalah luangkan waktu untuk meriset bisnis franchise apa saja yang cukup bagus dan dikenal oleh calon target pasar. Ada banyak hasil data riset mengenai bisnis yang mudah ditemukan di internet.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Dapat Tiket Pesawat Kelas Bisnis Harga Ekonomis Tepat Sasaran!

3. Periksa reputasi calon franchise yang ingin dibeli

Riset lain yang perlu diakukan untuk calon bisnis franchise yang akan dibeli adalah reputasi. Berbeda dengan bisnis yang kita bangun sendiri, bisnis ini sangat dipengaruhi reputasi yang sudah melekat sebelumnya. Jika banyak keluhan pelanggan atas franchise tersebut, maka sebaiknya pertimbangkan kembali apakah akan membeli atau tidak.

4. Perhatikan gaya kepemimpinan pemilik atau manajemen franchise

Saat bertemu dan bernegosiasi dengan pemilik franchise, ataupun tim manajemen pemiliknya untuk franchise yang sudah besar, cobalah mengenali gaya kepemimpinannya dan bagaimana dia menggunakan sistem bisnisnya. Ingat, sebagai pembeli franchise, nantinya kamu perlu mengikuti sistem bisnis yang diterapkan oleh sang pemilik dan tim manajemennya. 

Jika merasa ada yang ganjil atau tidak sesuai dengan keinginan, maka pertimbangkan kembali apakah akan tetap menjalankan usaha franchise tersebut sebelum mengeluarkan uang membelinya.

Baca juga: Perhatikan 5 Remaja Terkaya di Dunia ini Untuk Inspirasi Kesuksesanmu!

5. Fokuslah pada tingkat pengembalian, bukan harga

Salah satu yang sering menjadi alasan kegagalan dalam bisnis franchise adalah pelaku usaha franchise lebih fokus pada jumlah omzet, bukan tingkat pengembalian bisnisnya. Jika usaha ini memberikan omset Rp20 juta per bulan, namun tingkat balik modalnya baru 10 tahun sedangkan usaha franchise lain memberikan omzet Rp10 juta per bulan namun tingkat balik modalnya terjadi dalam dua tahun saja, manakah yang akan kamu pilih?

Ketika suatu usaha sudah balik modal, maka sebagai pemilik usaha tersebut kita telah dapat menikmati keuntungan bersih dari bisnis yang dijalankan.

Baca juga: Wujudkan Bisnis Restoran Impian dengan Modal Minim, Simak Caranya!

Nah, berbagai pertimbangan di atas tentunya perlu dipikirkan dengan matang agar bisnis franchise kamu nantinya dapat berhasil dan balik modal. Setelah mengetahui berbagai pertimbangan di atas, ini saatnya mengumpulkan modal untuk memulai usaha franchise kamu. 

Artikel ini bekerja sama dengan HaloMoney.co.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya