BNI Gelontorkan Pinjaman Rp1 Triliun ke Semen Indonesia

Logo Semen Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Perbankan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Bank Negara Indonesia Tbk sepakat untuk memberikan fasilitas kredit modal kerja bagi PT Semen Indonesia Tbk yang akan digunakan sebagai general purpose dan operasional perusahaan itu.

Investasi Digital Makin Populer, BNI Targetkan Investor Milenial

Direktur Bisnis Korporasi BNI, Herry Sidharta, menilai Semen Indonesia adalah nasabah potensial.

"Fasilitas yang kami berikan dari BNI sebesar Rp1 trilun. Kalau ke PT Pertamina sudah lebih dari itu, seharusnya Semen Indonesia jangan kalah. Kami siap," kata dia di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 22 April 2016.

BNI Gelar Konser Musik Spektakuler di Acara MotoGP Mandalika

Herry menyebutkan, pemberian fasilitas kredit ini merupakan upaya meningkatkan sinergi BUMN. 

"Tetapi, Direktur Treasury kami berpesan agar bunganya bisa cocok karena bagaimana pun juga dividennya akan dikembalikan ke Merdeka Selatan (Kementerian BUMN)," ucapnya.

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

Selain itu, Herry mengungkapkan, BNI bekerja sama dengan mitra korporat Semen Indonesia Group dalam bentuk pemberian fasilitas kredit kepada supplier dan distributor Semen Indonesia.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Semen Indonesia, Suparni, mengatakan fasilitas dari kredit dari BNI ini akan digunakan untuk mengoptimalkan skema pendanaan perseroan, khususnya sebagai bridging loan dalam rangka mendukung rencana strategis perseroan.

Suparni menjelaskan, saat ini Semen Indonesia tengah menyelesaikan pembangunan dua pabrik semen terintegrasi di Rembang, Jawa Tengah, dan Indarung VI Padang, Sumatera Barat yang masing-masing berkapasitas tiga juta ton per tahun.

"Pangsa pasar kami sekitar 42-44 persen, sedangkan situasi industrinya sangat kompetitif. Sehingga, kami tidak bisa sendirian untuk memenangkannya, perlu sinergi sebagai kekuatan persaingan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya