Hadapi MEA, Ini Saran Meutia Hatta di Universitas Bakrie

Meutia Farida Hatta Swasono
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Indonesia dinilai masih perlu berbenah dalam menghadapi era globalisasi, terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah dimulai sejak akhir tahun 2015. Salah satu yang perlu untuk lebih ditingkatkan adalah potensi yang dimiliki oleh lndonesia.

Universitas Bakrie Ajak Pemuda Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Hal itu diutarakan oleh Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan 2004-2009, Meutia Farida Hatta Swasono, dalam Seminar Nasional dan Call for Paper lndocompac 2016, di Universitas Bakrie, Jakarta, Senin, 2 Mei 2016.

Dia menilai, lndonesia bisa lebih meningkatkan bisnis yang berlandaskan ciri khas pariwisata lndonesia. "Dunia bisnis bisa angkat ciri budaya lndonesia sebagai kekuatan ekonomi nasional," ujarnya.

Komitmen Universitas Bakrie Terhadap Net Zero Emission

Meutia menuturkan,banyak potensi pariwisata Indonesia yang dapat lebih ditingkatkan. Misalnya rumah orang Bugis yang dinilai sangat menarik jika lebih digali potensinya.

Selain itu, dia juga menyebut mengenai Kampung Bena di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur yang dinilai memiliki keunikan tersendiri. Menurut Meutia, hal-hal seperti itu perlu lebih ditingkatkan lagi. "Kalau dikemas dengan baik akan sangat menarik," ujarnya menambahkan..

Dookatif, Startup Pendidikan Ciptaan Mahasiswa Universitas Bakrie

Meutia menjelaskan, bahwa dalam meningkatkan pariwisata tersebut, tidak hanya membutuhkan peran pemerintah saja. Namun, juga diperlukan kerja sama dengan pihak swasta.

"Peningkatan kerja sama dan kebersamaan antar peranan dan antar pihak terkait dengan pariwisata, baik pemerintah maupun swasta perlu ditingkatkan.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya