Anak Muda, Ini Tips Bisa Keren Tanpa Harus Kere

Ilustrasi boros belanja.
Sumber :
  • halomoney.

VIVA.co.id – Anak muda sering kali menghabiskan uangnya untuk memenuhi gaya hidup agar dilihat lebih menarik dan keren di mata teman-temannya.  Namun sayang, sebagian besar anak muda tidak dapat mengatur keuangannya dengan bijaksana, sehingga uang dapat habis dengan cepat.

Empat Cara Jitu Bebaskan Diri dari Jerat Utang

Director of Legal and Compliance PT Bank Permata, Mirah Wiryoatmodjo, memberikan beberapa tips menarik agar anak muda dapat tampil keren tanpa harus menjadi konsumtif, yang cenderung membuat uang cepat habis dalam waktu singkat.

Mirah mengatakan, anak muda harus belajar berhemat dan mengelola keuangan dengan bijaksana, terutama dalam membeli pakaian atau barang-barang lainnya yang sebenarnya kurang perlu. Hal tersebut harus dibiasakan sejak dini.

Trik Jitu Atur Uang ala Anak Kos

"Untuk generasi muda sayangilah uang kalian, bisa kok jadi kece tanpa harus jadi kere," ujarnya kepada VIVA.co.id, dalam acara seminar Wholistic Wealth yang diadakan Permatabank di Jakarta, Rabu, 11 Mei 2016.

Menurut Mirah, dalam berpakaian, anak muda harus lebih kreatif memadu padankan pakaian yang sudah ada atau memodifikasi agar terlihat lebih baru. Sehingga, tidak perlu membeli pakaian baru.

Tips Hemat Biaya Sebelum dan Sesudah Melahirkan

"Bisa kok jadi keren tanpa keluar uang terlalu banyak. Misalnya, selektif dalam membeli baju, lebih padu padan warna agar lebih terlihat keren," tuturnya.

Kemudian, Mirah mengungkapkan, sebaiknya anak muda tidak perlu membeli pakaian dengan merek terkenal yang harganya mahal. Sebab, anak muda saat ini berfikir bahwa dengan memakai merek terkenal akan terlihat keren. 

Padahal, tanpa harus memakai baju bermerek mahal, dengan kreatifitas dapat terlihat lebih keren.

Satu hal penting yang harus ditanamkan dalam benak anak muda, yaitu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sebab, anak muda cenderung membeli barang yang menjadi keinginan mereka dibandingkan apa yang dibutuhkan. 

Mereka sulit mengontrol diri untuk tidak menghabiskan uangnya dalam membeli hal-hal uang sebenarnya tidak perlu.

Dengan demikian, kebiasaan anak muda yang seperti itu sulit sekali menanamkan budaya menabung. Padahal, menabung dan mengelola aset keuangan, sangat penting untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. "Apabila sudah memahami hal tersebut, anak muda akan bisa memahami tentang arti menyimpan uang yang sebenarnya," tuturnya.

Menurut Mira, kebahagiaan berasal dari hal yang kecil. Maksudnya, kebahagian bukan berasal dari banyaknya barang yang dikonsumsi, namun dari menerapkan bagaimana Anda dapat bersyukur dari apa yang Anda punya.

"Lebih baik memiliki gaya hidup hemat dengan konsep berfikir untuk memenuhi kebutuhan dan menahan keinginan, daripada hidup mewah tetapi tidak punya tabungan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya