Ini Cara Perbankan Populerkan Ponsel Menjadi 'Dompet'

Bank Danamon
Sumber :
  • Romys Binekasri / VIVA.co.id

VIVA.co.id –  Di Indonesia, masyarakat yang tidak memiliki akses keuangan namun mempunyai ponsel jauh lebih banyak ketimbang mereka yang punya akses perbankan. Ini yang membuat anggapan bahwa ponsel saat ini jauh lebih penting daripada dompet.

Gara-gara Hal Ini, Nasabah Loyal BTN Meningkat 222 Persen

Tren masyarakat itu memunculkan inovasi baru di kalangan perbankan, yaitu menjadikan ponsel sebagai “dompet.” Demikian menurut suatu survei seperti yang diungkapkan Direktur Consumer and SME Bank Danamon, Michellina Triwardhany.

"Sekarang kalau orang ketinggalan dompet saat pergi tidak balik lagi, bisa pinjam uang. Tapi kalau ketinggalan handphone pasti balik lagi," kata Michellina, Senin 30 Mei 2016.

Laba Bersih BTN 2021 Naik 48,3 Persen, NPL Turun

Itu sebabnya PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) meluncurkan fitur baru bernama D-Cash, di mana para nasabah pengguna aplikasi mobile banking di ponsel dapat mengirim uang tunai, meskipun penerima tidak perlu memiliki ATM maupun rekening.

Dengan fitur ini, penerima cukup menggunakan ponsel untuk mengambilkan tersebut pada lebih dari 1.200 unit ATM Danamon berlogo D-Cash di Indonesia. E-channel and Consumer Lending Head Danamon Djamin Nainggolan, mengatakan, di samping meningkatkan layanan digital banking sebagai dukungan gerakan non tunai, inovasi tersebut juga disesuaikan dengan gaya hidup masyarakat yang dipastikan bahwa semua orang selalu membawa ponsel dalam aktivitasnya.

Kinerja BTN Lampaui Industri Perbankan Kala Pandemi karena Ini

"Strategi ini sejalan dengan tren dan lifestyle masyarakat yang membutuhkan layanan yang cepat dan bisa didapatkan di mana saja. Dengan layanan ini, kami dapat menjangkau lebih banyak masyarakat, terutama yang sebelumnya tidak mendapatkan akses terhadap layanan jasa keuangan," tutur Djamin.

Nasabah pemberi uang cukup melakukan reservasi dengan mengikuti instruksi yang muncul pada layar menu ponsel D-Cash. Salah satunya, meminta nasabah untuk melakukan pembuatan passcode berupa 6 angka unik yang harus diberikan kepada penerima uang sebagi bagian dari proses penarikan di ATM.

Penerima uang pun dapat langsung melakukan penarikan uang di ATM Danamon berlogo D-Cash dengan menekan salah satu tombol di samping layar ATM untuk memunculkan menu "Tarik Tunai Tanpa Kartu". Selanjutnya mengikuti instruksi transaksi yang muncul pada layar ATM sampai dengan uang dikeluarkan.

Pengguna transaksi tidak dikenakan biaya apa pun saat ini, baik dari sisi nasabah sebagai pemberi uang maupun sisi penerima uang.

(ren)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya