Satu-satunya di Dunia, BRI Siap Luncurkan Satelit Perbankan

Dirut BRI Asmawi Syam
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) siap untuk meluncurkan satelit BRI yang disebut BRISat. BRI menjadi satu-satunya perbankan di dunia yang memiliki dan mengoperasikan satelitnya sendiri.

Laba Bersih BTN 2021 Naik 48,3 Persen, NPL Turun

Dijadwalkan, BRISat akan meluncur ke orbit dengan menggunakan roket Ariane 5 milik perusahaan Arianespace pada 8 Juni 2016 jam 20.30 waktu setempat di Kourou, French Guiana.

Direktur Utama BRI, Asmawi Syam menyatakan, segala persiapan menyangkut launching BRISat beserta semua operasional pendukungnya sudah rampung 100 persen. Fasilitas satelit kendali yang bersifat primer dan cadangan pun sudah dapat beroperasi dengan baik. Bahkan, tim sumber daya manusia (SDM) BRISat yang sebanyak 53 orang akan mengelola 45 transponder sudah berada di posisinya masing-masing.

Kinerja BTN Lampaui Industri Perbankan Kala Pandemi karena Ini

"Kita tinggal menghitung hari, sejak hari ini tanggal 31 Mei 2016, tinggal sembilan hari karena pada 9 Juni 2016 menjadi tonggak sejarah baru, tidak hanya di Indonesia tapi dunia, dalam dunia perbankan BRI akan operasikan satelit sendiri," kata Asmawi di kantornya, Selasa, 31 Mei 2016.

Diutarakannya, peningkatan kebutuhan bank BRI akan jaringan komunikasi satelit ini diperkirakan sulit dipenuhi dari pasokan transponder oleh penyelenggara satelit Indonesia, mengingat ketersediaan transponder Indonesia terbatas. Maka, program satelit BRI memberikan solusi untuk mengurangi kelangkaan transponder Indonesia.

Raih Predikat Bank Terbaik 2021, BTN Ungkap Target di Asia Tengaara

Seperti diketahui, BRISat diluncurkan guna menjangkau daerah pelosok, agar BRI dapat melayani masyarakat Indonesia melalui jaringan internet tanpa harus membuka kantor cabang. Hal tersebut juga sebagai efisiensi, sekaligus pengembangan di bidang teknologi.

"Nantinya, kami akan mengedukasi masyarakat di pasar tradisional agar dapat menggunakan akses keuangan perbankan, tanpa harus repot datang dan mengantre di kantor cabang. Jadi, setiap orang adalah bank," ujarnya. (asp)

Direktur Utara BTN Haru Koesmahargyo.

Gara-gara Hal Ini, Nasabah Loyal BTN Meningkat 222 Persen

Sementara itu saldo dari nasabah BTN yang teregistrasi meningkat lebih dari 250 persen pada tahun 2021.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022