Pantau Ketersediaan Listrik, Jokowi Hari Ini ke Gorontalo

Presiden Joko Widodo saat meresmikan PLTMG di Aceh
Sumber :
  • Zulfikar Husein / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo, hari ini Jumat 3 Juni 2016 akan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Desa Maleo, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Cegah Omicron, Anak hingga Lansia di Gorontalo Digempur Vaksinasi

Anggota Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana melalui keterangan persnya mengatakan, ini adalah proyek pembangkit listrik pertama yang telah beroperasi dari program pembangunan pembangkit listrik 35 ribu MW.

Peresmian PLTG Gorontalo ini merupakan agenda dari kunjungan kerja Presiden di hari ketiga. Kunjungan kerja Presiden ke beberapa provinsi ini difokuskan untuk mengatasi ketersediaan listrik.

Cegah Omicron, BIN Gorontalo Gempur Vaksinasi hingga Pelosok Daerah

"Kenapa kita kemarin ke Bangka Belitung, Aceh, kemudian ke Kalimantan Barat, besok ke Gorontalo. Dalam rangka menyelesaikan keluhan-keluhan masyarakat mengenai listrik, kekurangan listrik," ujar Presiden Jokowi di Mempawah, Kalimantan Barat Kamis 2 Juni 2016 kemarin.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Dirut PLN Sofyan Basir dan Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Pembangunan proyek PLTG Gorontalo 4 x 25 Megawatt (MW) relatif cepat, sejak dilakukan groundbreaking pada 19 september 2015 lalu, tak kurang dalam waktu tujuh bulan, PLN berhasil merampungkan seluruh pengerjaannya.

PLTG Gorontalo telah melayani kebutuhan listrik masyarakat sejak 11 April 2016, Dengan masuknya system PLTG Gorontalo ini, akan menjadi jawaban kebutuhan listrik di wilayah Sulutgo, khususnya Gorontalo dan mampu meningkatkan rasio elektrikfikasi hingga 84,4 persen.

Selain itu PLN berharap penambahan daya pasok listrik bisa menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi di Gorontalo. Saat ini beban puncak listrik pada sub sistem kelistrikan Gorontalo adalah 85 MW dengan jumlah pelanggan hingga akhir Mei 2016 mencapai 235 ribu pelanggan.

Dengan Beroperasinya PLTG Gorontalo akan sangat membantu dalam memenuhi permintaan pelanggan baru hingga 35 ribu pelanggan di seluruh Provinsi Gorontalo.

Selain itu  PLTG Gorontalo juga berperan untuk memenuhi kebutuhan listrik di Provinsi Sulawesi Utara malalui sistem interkoneksi kelistrikan Sulawesi Utara – Gorontalo 150kV.

Total keseluruhan daya mampu sistem Sulutgo saat ini sebesar 368,65 MW dengan beban puncak mencapai 319,68 MW, ini artinya ada cadangan listrik sebesar 49,57 MW.

Dalam program 35.000 MW, Sulawesi secara keseluruhan akan mendapatkan alokasi pembangkit dengan total kapasitas mencapai 2.608 MW yang tersebar di 21 titik. 

(mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya