Ramadan, Pemerintah Siapkan Bantuan Sosial Nontunai

Kantor Bank Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Garry Lotulung

VIVA.co.id – Bank Indonesia (BI) sudah memastikan penyaluran segala bentuk bantuan sosial (bansos) secara nontunai bisa mulai dilakukan bulan ini. Akses penyaluran bantuan sosial (bansos) dalam proses elektronifikasi pun akan segera terrealisasi.

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

Deputi Gubernur BI, Ronald Waas mengatakan, pihaknya telah rampung mempersiapkan untuk realisasi elektronifikasi penyaluran bansos. Diharapakn pada bulan Ramadan tahun ini bisa mulai diterapkan meski masih dalam bentuk proyek percontohan.

"Bulan Juni ini kami coba bisnis modelnya untuk penyaluran bantuan dana dengan nontunai," tuturnya di Senayan, Jakarta, Jumat, 3 Juni 2016.

Cadangan Devisa RI Februari 2022 Naik Tipis, Ini Pendorongnya

Ronald mengaku, upaya tersebut sebenarnya merupakan mandat langsung dari Presiden Joko Widodo yang menginginkan segala macam penyaluran bansos bisa dilakukan secara non-tunai.

"Presiden sudah memutuskan dalam ratas (rapat terbatas), beliau ingin semua bantuan yang diberikan pemerintah harus non-tunai. Kami BI sudah presentasikan dan diterima. Mudah-mudahan bulan Juni ini sudah bisa dilakukan," tuturnya.

BI Terbitkan Aturan Ketentuan Intensif untuk Perbankan

Sebagai informasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Kementerian Sosial telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan BI dalam hal penyaluran bansos secara elektronifikasi.

Ilustrasi dolar AS

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Angka utang luar negeri tersebut turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar US$415,3 miliar.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022