Pertamina Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM Saat Mudik

SPBU Pertamina
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – PT Pertamina akan meningkatkan stok Premium dan Pertamax di sepanjang jalur mudik 2016. Di jalur mudik tersebut, nantinya akan dibuka beberapa SPBU yang siaga 24 jam untuk mengantisipasi lonjakan pembeli saat mudik.

X-Trail Baru Dijual Rp370 Jutaan, dan Perusahaan Amerika Mau Investasi

Premium diprediksi mengalami pertumbuhan 15 persen tahun ini saat masa puasa dan Lebaran. Selain itu, saat ini konsumsi Pertamax cukup tinggi, yakni 8.000 kiloliter per hari dan menjelang puasa serta Lebaran akan mencapai 11 ribu kiloliter per hari.

Sementara itu, Pertalite juga mengalami kenaikan, sudah mencapai hampir 8.750 kiloliter per hari. Pertalite tersebar di 2.900 SPBU di Indonesia dari 5.700 SPBU Pertamina yang tersebar di seluruh nusantara.

Ahok: Kalau Saya Dirut Pertamina, Kadrun Demo Mau Bikin Gaduh

Vice President Corporate Communications PT Pertamina, Wianda Pusponegoro menjelaskan, perseroan akan mengantisipasi lonjakan pembelian bahan bakar minyak (BBM) pada saat menjelang puasa dan Lebaran.

"Di sepanjang jalur mudik akan disediakan SPBU yang buka 24 jam, untuk mengantisipasi lonjakan pemudik. Lokasi tersebut yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Utara ,dan Sumatera Selatan. Nantinya, Premium akan kami naikkan stoknya sekitar 13 hari, dan Pertamax di atas 24 hari," ujar Wianda di Senayan, Jumat, 3 Juni 2016

Pedagang BBM Eceran Kini Punya Pesaing Berat

Selain itu, Pertamina akan menjalin kerja sama dengan beberapa instansi. Upaya ini dilakukan untuk memastikan truk pengangkut BBM Pertamina dapat masuk ke jalur mudik tanpa hambatan.

"Selain pasokan, kami juga akan kerja sama dengan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (DLLAJR), untuk memastikan truk pengangkut Pertamina bisa masuk jalur mudik," kata Wianda.

Gedung Pertamina Pusat

Dalam Tiga Bulan, Serapan Produk UMKM di Pertamina Capai Rp3,5 Miliar

Pertamina tetap komitmen untuk menyerap produk-produk para pelaku UMKM khuususnya dari para mitra binaan.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2020