BUMN: 2010, Dividen Pertamina Naik

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengkaji untuk menaikkan kewajiban setoran dividen PT Pertamina pada 2010.

Sekretaris Menteri Negara (Sesmeneg BUMN) Said Didu mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan penghitungan rencana penambahan tersebut.

"Ada rencana penambahan, awalnya 45 persen dari laba bersih 2009. Angkanya sudah ada, tapi masih saya exercise dan nggak bisa saya buka disini," ujar dia di Hotel Mulia Jakarta, Selasa, 28 Juli 2009.

Menurut dia, rencana menaikkan kewajiban setoran dividen itu menyusul penerimaan dari sektor pajak yang berkurang, sehingga dengan meningkatkan dividen tersebut diharapkan ada tambahan pendapatan untuk APBN 2010.

Said menuturkan, peningkatan dividen tersebut bertujuan agar cash flow BUMN sehat. "Kalau kelebihan cash, BUMN itu nantinya terlalu royal. Kalau uang ngepas kan, banyak mikirnya kalau mau ini itu," kata dia.

Selain Pertamina, kata dia, BUMN lain juga akan dinaikan kewajiban setoran dividennya. "Kemungkinan yang Tbk (terbuka) juga kita tambah, tapi saya tidak ekspos dulu lah nanti mempengaruhi harga saham," tuturnya.


antique.putra@vivanews.com

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto
Ketua DPRD Klungkung

Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida

Klungkung tercatat memiliki jalan kabupaten sepanjang 464 kilometer. Dari jumlah tersebut, sekitar 367,5 kilometer dalam kondisi baik, rusak sedang 34 KM dan lainnya lagi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024