Kotak Saran Online Diklaim Redam Kenaikan Harga Pangan

Rosan P. Roslani
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan, sistem kotak saran online bertujuan untuk memfasilitasi kinerja Kadin di seluruh Indonesia, terkait lonjakan harga kebutuhan pangan.

Usai Minyak Goreng dan Kedelai, Kini Harga Daging Sapi Merangkak Naik

Sistem kotak saran online tersebut nantinya, akan beroperasi di tahun mendatang (2017), yaitu untuk dapat menentukan bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat, kemudian bisa langsung diterima Kadin pusat.

"Kita sekarang lagi membuat sistemnya, dan mulai beroperasi tahun depan secara online. Jadi, kita bisa memberikan sistem ini kepada Kadin daerah, baik di provinsi, kabupaten, dan kota. Kita akan menentukan bahan pokok. Lalu, bahan pokok apa yang dibutuhkan, bisa langsung disarankan," kata Rosan kepada Viva.co.id, belum lama ini.

Meroketnya Harga Pangan Buat Nilai Tukar Petani Desember 2021 Naik

Tak hanya itu, Kadin pusat juga akan keliling daerah dan mensosialisasikan bentuk masukan langsung dari masyarakat yang dapat dikirim melalui smartphone pihak Kadin, sehingga data yang diterima oleh Kadin adalah riil.

Rosan menuturkan, selama ini, marak pemberitaan terkait naiknya harga komoditas bahan pangan selama Ramadan. Seperti naiknya lonjakan harga pada daging sapi yang mencapai Rp120 ribu per kilogram, bawang putih Rp45 ribu per kilogram hingga komoditas pangan lainnya ikut merangkak naik selama Ramadan, sehingga sudah menjadi tradisi.

Airlangga: Harga Pangan yang Naik Akhir Tahun Untungkan Petani

Inilah yang membuat Kadin bekerja keras untuk menanggulangi kenaikan harga di tahun-tahun berikutnya, dengan memperkenalkan kotak saran online.

Maka dari itu, menurut Rosan, selain ada sistem yang dibuat Kadin, pemerintah juga bisa memberikan jalur pendistribusian atau pun jalur logistik, agar suplai menjadi lebih efektif. "Jadi, kuncinya cuma satu kebijakan pemerintah, mereka diberi jalur distribusi atau jalur logistik," ujar dia. (asp)

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid

Ini Tantangan yang Bayangi Pelaku Usaha Tahun 2023

Arsjad Rasjid mengatakan resesi ekonomi global yang dikhawatirkan akan terjadi tahun depan, dapat berimbas pada industri padat karya yang berorientasi ekspor.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2022