Pemeriksaan Kargo di Bandara Soetta Diklaim Belum Konsisten

Menteri Perhubungan Ignasius Djonan saat menyambangi stasiun kereta Malang jawa Timur, Kamis (16/6/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/D.A Pitaloka

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan melakukan inspeksi mendadak ke Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini, Jumat 24 Juni 2016. 

Runway 3 Bandara Soetta Jadi, Antre Terbang Tak Ada Lagi

Dalam kunjungannya, Jonan memantau kesiapan angkutan udara pada angkutan Lebaran tahun 2016.

Menurut mantan Direktur Utama PT KAI ini, pihaknya ingin menekankan bahwa kondisi pemeriksaan kargo dan penumpang di bandara Soekarno-Hatta masih belum konsisten dan sangat perlu ditingkatkan. 

Bandara Soetta Bangun Runway 3, Jalur Perimeter Ditutup

"Karena ada protes dari Uni Eropa dan Inggris bahwa konsistensi pemeriksaan kargo dan penumpang di sini itu masih naik turun. Tidak konsisten saja, orang (petugas)nya mestinya sudah tahu," kata Jonan, di Bandara Soekarno Hatta. 

Untuk itu, kata Jonan, maskapai penerbangan perlu memperbaiki tata kelola kargo. Sebab, kesiapan tata kelola kargo masuk dalam persyaratan untuk mengajukan extra flight, atau penerbangan ekstra. 

Anggaran Terbatas, Kemenhub Lepas Pengelolaan Bandara

"Yang belum diberikan izin (extra flight), ya harus dilihat lagi perbaikan pengelolaan kargonya, kalau itu sudah oke ya, kita tunggu saja," kata dia. 

Dia menegaskan, ada beberapa maskapai yang belum diberikan izin extra flight, jika tidak memenuhi persyaratan. Sementara itu, dia menjelaskan, kesiapan terminal di Bandara Soekarno Hatta sudah mulai membaik. 

"Extra flight ini untuk antisipasi lonjakan penumpang yang sudah disediakan sejumlah maskapai. Tetapi, kalau extra flight ini, misal hari ini ajukan buat besok, ya saya tolak. Jadi, harus satu minggu sebelumnya. Kalau enggak begitu, ya berarti kayak metro mini dong pengelolaannya," ujar dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya