Alasan Menhub 'Ogah' Tambah Slot Penerbangan

Menhub Gelar Rapat Kordinasi Terkait Mudik Lebaran
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan secara tegas menolak untuk memberikan izin penambahan slot penerbangan saat arus mudik Lebaran 2016. Ia mengatakan bahwa penolakan itu tak lain demi alasan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Jonan mengungkapkan bahwa pihaknya hanya memberikan izin slot penerbangan sebanyak 72 slot tiap jam pada Lebaran tahun ini. Sementara wacana penambahan slot penerbangan yang diusulkan sebelumnya sebanyak 76 kali setiap jam tidak disetujui untuk bandara utama seperti Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten.

"Saya enggak kasih izin tambah slot penerbangan. Pokoknya (maksimal) 72 per jam. Enggak boleh lebih dari itu," kata Jonan ditemui usai rapat dengan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Senin 27 Juni 2016.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Jonan menjelaskan bahwa adanya penambahan intensitas penerbangan biasanya bertujuan untuk mencegah terjadinya keterlambatan penerbangan atau delay saat waktu puncak mudik atau peak season. Namun jika maskapai memang membutuhkan penambahan penerbangan, Menhub menyarankan tidak menambah pada waktu-waktu yang sudah terisi slot. Artinya maskapai harus mengantisipasi di jadwal yang belum terisi slot secara penuh.

"Kalau mau extra flight ya cari jam lain. Alasannya keselamatan penerbangan. Itu saya tidak setuju," tutur Jonan.

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang
Suasana autogate di bandara soekarno-hatta, tangerang

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Kenaikan jumlah penumpang itu yang pergi meninggalkan Indonesia atau ke luar negeri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024