Ini Kritikan Kadin Terhadap Paket Kebijakan Ekonomi

Rosan P. Roslani
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani menilai  bahwa pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan dan Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Ekonomi itu penting, terlebih bagi dunia usaha.

E-Commerce Menggeliat, Industri Logistik Cemerlang pada 2022

"Jujur, menurut saya penting. Sebab paket ekonomi sudah 12 jilid. Sebenarnya ini diukur seberapa jauh mempercepat efektivitasnya," kata Rosan di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa 28 Juni 2016.

Dalam kesempatan itu, Rosan memberikan masukan mengenai sejumlah hal yang belum sempurna dan yang belum berjalan, serta belum adanya payung hukum.

E-Commerce dan Tantangannya Jelang Harbolnas

"Kemudian terganjal di mana, apakah kementerian atau BUMN. Kadin juga mendapat banyak masukan dan kita harapkan adanya Pokja ini, apa yang selama ini menjadi bottleneck bisa diselesaikan secara cepat," kata Rosan.

Adapun 12 paket-paket deregulasi yang sudah diumumkan ternyata belum berjalan karena belum adanya Peraturan Presiden (Perpres) dan belum ada Peraturan Menteri (Permen). Oleh karenanya, perlu payung hukum untuk mencegah terjadinya sengketa.

GoFood Naikkan Komisi Sepihak, Asosiasi: Mau Untung Berapa UMKM!

Sebab ada empat perkara, di antaranya sosialisasi kepada masyarakat internasional maupun masyarakat kita, regulasi mana yang harus disempurnakan, implementasi di lapangan, dan masalah hukum yang harus diselesaikan terutama oleh kelompok kerja Pokja IV yang membidangi Penanganan dan Penyelesaian Kasus.

"Sebenarnya, kata Pak Wapres, 12 Paket Kebijakan Ekonomi ini adalah bagian kecil ?dari seluruh kebijakan pemerintah di bidang ekonomi," ujarnya.

    
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya