Tarif Tol Cipali Dibulatkan Selama Mudik Lebaran

Antrean Tol Cipali di musim mudik 2016.
Sumber :
  • ANTARA/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Menghadapi lonjakan volume lalu lintas kendaraan di musim mudik Lebaran 2016, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku operator jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) melakukan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan kenyamanan pengguna tol Cipali.

Rombongan Peziarah Asal Tangerang Selatan Kecelakaan di Tol Cipali, 1 Orang Meninggal Dunia

“Kami berharap inisiatif ini dapat mengurangi antrean di gerbang tol Palimanan, sehingga perjalanan mudik masyarakat melalui tol Cipali dapat lebih cepat dan nyaman,” kata Wakil Direktur Utama PT LMS, Hudaya dalam keterangannya, Jakarta Kamis 30 Juni 2016. 

Ia menjelaskan, dua inisiatif percepatan transaksi tol yang akan dilakukan LMS ditujukan untuk kendaraan golongan I (mobil pribadi dan bus) yang merupakan pengguna mayoritas di saat mudik Lebaran, dan akan berlaku pada saat puncak arus mudik 1-5 Juli 2016.

Banjir Rendam Akses Jalan Menuju Tol Cipali

Inisiatif pertama adalah pembulatan tarif tol ke bawah, khusus untuk pembayaran secara tunai di Gerbang Tol Palimanan untuk kendaraan Golongan I dengan asal perjalanan dari Gerbang Tol Cikarang Utama.

Ia menjelaskan, tarif tol kendaraan Golongan I dengan asal-tujuan Cikarang Utama - Palimanan yang normalnya adalah Rp109.500 akan dibulatkan ke bawah menjadi Rp108 ribu. Dengan pembulatan tarif ini, waktu transaksi dapat dipercepat, karena tidak diperlukan penanganan koin Rp500.

Diduga Ada Markas Jin, Sederet Alasan yang Membuat Tol Cipali Kerap Memakan Korban Jiwa

Inisiatif kedua yang merupakan pendukung inisiatif pembulatan tarif adalah penjualan voucher tol prabayar yang juga ditujukan bagi kendaraan Golongan I dengan asal-tujuan Cikarang Utama-Palimanan.

Voucher dengan nilai pembulatan Rp108 ribu ini dapat dibeli di semua Rest Area Tol Cipali arah Palimanan (KM 86, KM 102, KM 130, KM 166), di Rest Area Tol Jakarta-Cikampek KM 57, serta dapat juga dibeli menjelang gerbang Tol Palimanan. 

"Petugas jemput kendaraan di gerbang Palimanan akan melakukan penjualan voucher ini di samping menyediakan layanan penukaran uang kecil. Voucher berlaku sebagai alat pembayaran di gardu tol seperti halnya uang pas, sehingga proses pembayaran tol menjadi lebih cepat," katanya. 

Selain itu, untuk mempercepat transaksi pembayaran di gerbang tol Cipali, pengelola telah menyelesaikan perluasan gerbang tol Palimanan dengan menambah jumlah gardu pembayaran dari 11 gardu menjadi 26 gardu.

Selain itu, menyediakan fasilitas pembayaran elektronik yang dapat dilayani oleh empat bank, yaitu PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya