Respons Menteri ESDM soal Pencaplokan Saham Newmont

Sudirman Said
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – PT Medco Energi Internasional Tbk secara resmi mengakuisisi sebagian besar saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) melalui PT Amman Mineral Internasional (AMI) dengan nilai sebesar US$2,6 miliar.

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

AMI merupakan perusahaan yang telah mencaplok NNT dari Newmont Mining Corporation and Sumitomo Corporation. AMI mengendalikan 82,2 persen saham perusahaan tambang nasional tersebut, sebelum pada akhirnya diakuisisi seluruhnya oleh Medco Energi Internasional.

Menanggapi pencaplokan saham tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, mengatakan, akuisisi ini menjadi cerminan bahwa melambatnya ekonomi global tidak terlalu memengaruhi kinerja perusahaan di sektor energi dalam negeri.

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

"Ini salah satu pesan baik, karena ada inisiatif untuk investasi. Kami melihat ini sebagai suatu perkembangan yang baik, apalagi ini mengambil alih perusahaan nasional," kata Sudirman, di Jakarta, Jumat, 1 Juli 2016.

Apresiasi yang ditujukan eks Bos PT Pindad tersebut, memang karena proses akuisisi yang murni telah disepakati oleh kedua pihak, tanpa adanya intervensi yang dilakukan oleh pemerintah.

Konflik Rusia ke Ukraina Dongkrak Harga Minyak RI

Meski begitu, keputusan Medco Energi Internasional mengakuisisi sebagian besar saham NNT ditegaskan Sudirman, tidak akan mengubah divestasi yang seharusnya dilakukan oleh NNT.

Artinya, divestasi sebagian saham NNT tetap akan berjalan sesuai dengan kewajiban yang ditetapkan pemerintah. Sudirman memperkirakan, kewajiban ini pun sudah pasti diketahui oleh Medco Energi Internasional, selaku pemegang saham terbesar saat ini.

"Saya dengar dari masukan teman-teman mineral dan batu bara, kalau pemegang saham yang baru harus divestasi. Tetap harus berjalan," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya