Bandara Kualanamu Tambah Jadwal Penerbangan

Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA.co.id – Mengatasi lonjakan arus mudik Lebaran 2016 di Bandara Kualanamu International Airport (KNIA) Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pihak bandara menambah jadwal penerbangan hari ini, Sabtu, 2 Juli 2016.

"Untuk diketahui, ada penambahan jadwal penerbangan baru akan dimulai hari ini Sabtu tanggal 2 Juli 2016," kata Pelaksana Harian Manager Humas dan Protokoler Bandara Kualanamu Wisnu Budi Setianto saat dikonfirmasi VIVA.co.id

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Dia juga mengatakan penambahan jadwal penerbangan sudah diterima dari lima maskapai penerbangan. "Iya, ada lima maskapai sudah kita terima penambahan jadwal penerbangan pada arus mudik tahun ini," tutur Wisnu.

Penambahan jadwal penerbangan untuk arus mudik untuk penerbangan internasional maupun penerbangan domestik di Bandara Kualanamu, diperkirakan akan berlangsung sejak H-4 Lebaran ini.

"Jadi, Penambahan jadwal penerbangan yang telah kita terima, untuk penerbangan Internasional, dari maskapai Silk Air dan Jet Star. Sedangkan, untuk domestik, Citilink, Sriwijaya dan AirAsia," urainya.

Di samping itu, pihak otoritas Bandara Kualanamu juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap 157 pesawat dari 228 pesawat di Bandara Kualanamu. Seluruhnya, layak beroperasi untuk melayani jasa penerbangan di Bandara ini.

Atas hal itu, diprediksi lonjakan penumpang arus mudik Lebaran tahun ini, di Bandara Kualanamu akan naik sebanyak empat persen dari jumlah pemudik menggunakan moda transportasi udara pada Lebaran tahun lalu.

Wisnu menjelaskan untuk aktivitas penumpang berangkat maupun tiba akan mencapai 21 ribu penumpang di Lebaran tahun 2015. Jadi, untuk puncak arus mudik yang diperkirakan sejak H-4 Lebaran. Jumlah penumpang akan mencapai 26 ribu penumpang perharinya.

"Dengan jumlah itu, diperkirakan lonjakan penumpang sebesar empat persen," ujarnya. 

Sementara itu, pihak Bandara sudah menyiapkan pos pelayanan dan pos pengamanan dengan melibatkan 726 personel gabungan terdiri Avsec, TNI/Polri dan Dishub. Pos ini, akan didirikan selama arus mudik dan arus balik Lebaran sejak H-10 hingga H+10.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021