Gerindra: Realisasi Penerimaan Kementerian Perikanan Rendah

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Realisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sumber daya alam (SDA) Kementerian Kelautan dan Perikanan sampai dengan bulan Juni 2016 tercatat hanya mencapai Rp168,55 miliar atau hanya 24,32 persen dari target yang ditetapkan dalam pagu sebesar Rp693 miliar.

Jokowi Tingkatkan Target Pendapatan Negara dalam RAPBN 2022

Anggota Badan Anggaran Fraksi Gerindra, Wilgo Zainar, mempertanyakan realisasi PNBP SDA yang masih rendah. Menurutnya, ada beberapa kebijakan Menteri KKP, Susi Pudjiastuti yang harus kembali ditinjau.

“Kami mempertanyakan kenapa itu terjadi? Apakah targetnya yang memang tidak realistis, atau memang low effort,” ujar Wilgo dalam rapat bersama pemerintah di gedung parlemen Jakarta, Kamis 14 Juli 2016.

Airlangga Tekankan UU Cipta Kerja Bantu RI Keluar dari Jebakan

Wilgo menegaskan, ada salah satu kebijakan Menteri Susi yang telah berdampak buruk terhadap nasib para nelayan.
Ia menyebut hampir 7.000 nelayan di wilayah Nusa Tenggara Barat telah kehilangan mata pencahariannya akibat kebijakan Menteri Susi.

“7.000 nelayan sudah kehilangan pekerjaan akibat para penangkap lobster ilegal. Rata-rata mereka mendapatkan penghasilan itu Rp8 juta, tetapi sekarang sudah hilang,” kata dia tanpa menyebut kebijakan apa yang dimaksud.

Meninggal, Dirjen KKP Aryo Berjuang Lawan Corona Selama 20 Hari

Hal senada turut diungkapkan oleh Anggota Banggar Fraksi Partai Amanat Nasional, Primus Yustisio. Primus pun mengaku pesimistis, target PNBP SDA yang dipatok pemerintah akan mencapai target yang sudah ditetapkan dalam pagu anggaran.

“Pemerintah baru jangankan mencapai target, menyamai 2012-2014 saja tidak bisa. Anggaran Anda hampir Rp30 triliun ini jauh dari target penerimaan,” ujar Primus.
 

Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Dijual Presidennya, Cadangan Emas Venezuela Terendah Sejak 50 Tahun

Pemerintahan Presiden Nicolas Maduro kekurangan uang. Cadangan emas jadi sumber keuangan Venezuela saat ini

img_title
VIVA.co.id
8 September 2021