Tip Finansial yang Harus Dilakukan Orang di Usia 30

Ilustrasi Mengelola Keuangan.
Sumber :
  • HaloMoney

VIVA.co.id – Semakin tua usia Anda, semakin sulit untuk mengubah kebiasaan. Namun, bila usia masih 30 tahun, Anda masih punya kesempatan untuk mengadopsi sejumlah kebiasaan baru yang positif.

5 Tips Perencanaan Keuangan Agar Gaji Tak Langsung Habis

Untuk membantu Anda agar lebih mudah membentuk kebiasaan baru yang lebih bermanfaat dan produktif, seperti dikutip dari Business Insider, berikut ini ide mengenai hal finansial yang harus mulai dilakukan bila usia Anda sudah masuk 30 tahun.

Mulailah menjaga berat badan

Katanya Begini Rahasia Orang Kaya Kelola Uang

Berat badan sangat berkaitan erat dengan kesehatan tubuh dan finansial seseorang. Karena kesehatan adalah hal yang sangat penting, mulailah untuk menjaga berat badan ideal sejak sekarang.

Untuk memperoleh berat badan tersebut, Anda harus tetap aktif dan menjaga konsumsi. Cobalah mulai berolahraga secara teratur dan komitmen untuk menjauhi makanan-makanan tidak sehat seperti fast food atau minuman yang mengandung soda.

Instrumen Investasi Syariah yang Aman Bagi Muslim

Mulai berinvestasi

Salah satu kebiasaan finansial yang paling penting dan harus Anda mulai di usia 30 tahun adalah berinvestasi. Cobalah melakukan perencanaan keuangan.

Upayakan agar pengeluaran lebih kecil dari penghasilan sehingga Anda punya dana lebih untuk diinvestasikan. Banyak orang pensiun dalam keadaan ekonomi yang jauh dari layak, karena kebiasaan belanja berlebihan saat muda.

Lagi pula orang yang menyiapkan masa pensiunnya jauh lebih awal akan mendapatkan manfaat yang luar biasa saat pensiun.

Mulailah mengejar target besar

Hingga sekarang, Anda mungkin hanya memimpikan membentuk keluarga, membeli rumah atau melanjutkan kuliah. Namun sekarang, sudah saatnya Anda mengejar semua mimpi itu.

Di usia 30 tahun, Anda harus ngebut dan waktu yang paling tepat untuk memulai upaya mengejar mimpi tersebut adalah saat ini juga.

Mulai kembangkan kebiasaan membaca

Para miliarder dunia mulai dari Bill Gates hingga Mark Zuckerberg adalah para kutu buku yang sangat mencintai dunia literatur. Cobalah untuk mulai melakukannya.

Bagi Anda yang tidak punya kebiasaan membaca, trik berikut ini bisa membantu Anda. Luangkanlah waktu sedikitnya 30 menit setiap hari untuk membaca sesuatu di luar blog atau sosial media.

Cobalah untuk memulai dengan sebuah buku, baik itu fiksi maupun non-fiksi, baik hard copy maupun buku elektronik. Makin banyak Anda membaca, makin banyak pula hal yang Anda pahami dan makin luas pula sudut pandang Anda terhadap segala sesuatu.

Mulai bersyukur atas keluarga dan teman

Di usia 20 tahun, Anda mungkin sangat sibuk untuk sekolah atau memulai karier Anda sehingga keluarga dan teman sedikit dikesampingkan. Saat ini, di usia 30 tahun adalah waktu yang paling tepat untuk memulai kontak dengan teman atau keluarga yang sempat terlupakan.

Dengan mensyukuri atas apa yang Anda punya yakni teman dan keluarga, segala mimpi dan perjuangan berat yang akan dimulai di usia 30 tahun akan terasa lebih ringan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya