Harga Bawang Merah Masih Mahal Usai Lebaran

Suasana di Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Lebaran sudah sepuluh hari berlalu. Namun harga pangan di pasar tradisional masih terbilang belum stabil, terutama harga bawang merah yang masih dibanderol Rp50 ribu per kilogram (kg).

Meroketnya Harga Pangan Buat Nilai Tukar Petani Desember 2021 Naik

Suharti, seorang penjual sayur mayur di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengaku masih menjual bawang merah dengan harga Rp50 ribu per kg, yang hanya turun sedikit dari hari lebaran sebesar Rp60 ribu per kg. Harga bahan-bahan makanan masih mahal karena banyak pedagang belum kembali berjualan usai libur lebaran sehingga stok terbatas.

"Masih mahal karena ongkos kendaraannya, kendalanya apa juga belum tahu, makanya masih mahal. Saya kan belanja di pasar induk, di sana juga masih jarang yang buka. Masih pada lebaran kali," kata Suharti (60), saat berbincang dengan VIVA.co.id di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat, 15 Juli 2016.

Airlangga: Harga Pangan yang Naik Akhir Tahun Untungkan Petani

Pedagang lainnya, Umi, mengatakan harga pangan khususnya cabai dan bawang terbilang masih mahal dan belum stabil.  "Lagian kendaraannya juga susah banget, karena masih belum bisa lewat tol-tol yang masih dipakai buat jalur mudik," katanya.

Di samping itu, Suharti memperkirakan harga bisa kembali normal setelah pasokan dari pusat pun sudah bisa melalui jalan tol seperti biasanya. 

PBB: Harga Pangan Global Melonjak ke Level Tertinggi dalam 10 Tahun

Adapun harga terkini sayur mayur di Pasar Minggu kisaran Rp50 ribu untuk cabai setan, Rp35 ribu untuk cabai merah, Rp45 ribu untuk bawang putih, dan Rp25 ribu untuk kentang.
 

(ren)

Pembeli dan penjual daging sapi di Pasar Slipi, Palmerah, Jakarta Barat.

Usai Minyak Goreng dan Kedelai, Kini Harga Daging Sapi Merangkak Naik

Harga jual daging sapi jelas Ramadan tercatat berada di atas Rp120 ribu per kilogramnya atau mencapai Rp140 ribu per kilogram.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022