Bursa Asia Dibuka Bervariasi Menanti Kebijakan BOJ

Pembukaan perdagangan saham di Bursa Saham Tokyo
Sumber :
  • REUTERS/ Kim Kyung-Hoon

VIVA.co.id - Bursa Asia dibuka bervariasi pada awal perdagangan hari ini, Jumat 29 Juli 2016. Perdagangan bursa hari ini dipengaruhi oleh laporan keuangan emiten dan pengumuman kebijakan moneter Bank Sentral Jepang (BOJ).

Dilansir CNBC, indeks Australia ASX 200 naik 0,12 persen dengan saham-saham energi dan material turun di awal perdagangan. Sedangkan indeks Jepang, Nikkei, turun 0,23 persen dan indeks Korea Selatan, Kospi, naik 0,15 persen.

Para analis mengharapkan BOJ akan memperkenalkan langkah-langkah stimulus baru. Salah satunya adalah menurunkan tingkat suku bunga hingga ke teritori negatif dan memperluas program pembelian aset.

Pemerintah Jepang telah memperkenalkan paket stimulus ekonomi baru. Dilaporkan media Jiji, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, telah mempersiapkan sebuah paket stimulus senilai 28 triliun yen atau US$265,3 miliar.

Analis melihat paket stimulus pemerintah ini memberi tekanan terhadap BOJ untuk meloloskan stimulus baru.

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah

Apalagi, sebelum pembukaan bursa, Badan Statistik Jepang mengeluarkan data ekonomi yang menunjukkan penurunan inflasi pada Juni lalu. Indeks harga konsumen turun 0,4 persen tahun ini.

Sementara mata uang yen mempertahankan penguatan terhadap dolar Amerika Serikat diperdagangkan di 104,54 yen per dolar.

Bursa Efek Australia atau Australian Securities Exchange (ASX)

Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS

Investor mencermati siapa presiden AS yang baru.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016