Survei Minggu ke IV BI, Inflasi Juli 0,74 Persen

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Bank Indonesia (BI) mencatat hasil survei mingguan inflasi pada minggu ke empat Juli 2016, tekanan inflasi diperkirakan mencapai 0,74 persen, atau lebih rendah dari perkirakaan di survei minggu ketiga BI yang mencapai satu persen.

Harapan BI dari Penerapan 7 Days Repo Rate

Gubernur Bank Indonesia Agus D.W Martowardojo mengatakan, perkembangan inflasi Juli 2016 tersebut, terlihat dari turunnya sebagian harga pangan seperti harga telur, sehingga perkirakan pada minggu keempat lebih rendah dari minggu ketiga.

"Inflasi ini masih dalam andil komoditas pangan, seperti cabai dan bawang merah," kata Agus Martowardojo di kantornya,  Jakarta, Jumat, 29 Juli 2016.

Aliran Dana Asing ke RI Tembus Rp130 Triliun

Adapun untuk inflasi secara year-on-year (yoy), Agus memperkirakan, pada Juli 2016 mencapai 0,36 persen. Dengan capaian ini, BI memperkirakan, secara tahunan inflasi akan ada di level 3,6 persen, atau masih dalam perkiraan BI, yaitu di level empat persen plus minus satu persen.

Agus menuturkan, dengan kondisi inflasi tersebut, maka secara umum memperlihatkan fundamental ekonomi terjaga dengan baik, termasuk transaksi berjalan.

Jaga Likuiditas, BI Minta Pemerintah Stop Penerbitan SUN

Dia memperkirakan, defisit transaksi berjalan tidak melebihi 2,2 persen dari produk domestik bruto. (asp)


Yamaha di Indonesia Motorcycle Show 2014

BI Tak Akan Perlonggar Uang Muka Kredit Motor

DP 20-25 persen sudah cukup rendah.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016