Kisah Shelby Clark Temukan Ide Aplikasi Penyewaan Mobil

Shelby Clark
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim
VIVA.co.id
Miliarder Sara Blakely Berbagi Nasihat Bisnis Terbaiknya
- Ajang World Islamic Economic Forum (WIEF) di Jakarta hari ini menghadirkan pembicara dari kalangan pengusaha sukses di berbagai negara. Mereka bercerita tentang keberhasilan meraih kesuksesan.

Tak Selesai Kuliah, Ahmed Haider Ciptakan Aplikasi Drone

Salah satunya adalah Shelby Clark, yang merupakan co-founder and CEO Peers, dan pendiri Turo. Shelby berhasil mengembangkan aplikasi Turo yang kini menjadi aplikasi penyewaan mobil terbesar di Amerika Serikat (AS).
Tips Sukses Memulai Bisnis Coklat Manis Rumahan


Shelby menceritakan ide ini berawal pada saat dirinya menghadapi rintangan badai salju di perjalanan sepanjang dua kilometer. Ia mengaku sulit menemukan tempat penyewaan mobil.


"Kondisi saat itu dingin bersalju, saya harus menembus perjalanan dua kilometer untuk menyewa mobil. Sepanjang jalan saya melihat banyak mobil juga yang tidak dipakai, saya berpikir kenapa tidak saya ambil saja satu dari mobil itu," kata Shelby di JCC Senayan, Rabu 3 Agustus 2016.


Berdasarkan ide itu, ia pun kepikiran untuk membuat aplikasi penyewaan mobil yang mempertemukan pemilik mobil dengan penyewa mobil. Berbeda dengan Grab Car, dan aplikasi Go-Car, Turo mengizinkan penyewa mengemudi sendiri.


"Jadi orang yang mobilnya tidak digunakan, bisa disewa oleh mereka yang membutuhkan mobil, aplikasi ini mulai jalan 2010," lanjut Shelby.


Saat ini, kata dia, bahkan aplikasi ini sudah mulai berekspansi ke negara lain. Nantinya, kata dia, Indonesia juga akan menjadi sasaran dari aplikasi ini.


"Jadi kami baru ekspansi ke negara kedua. Indonesia nanti tentunya juga merupakan tujuan, karena merupakan negara yang baik. Kami tahu aplikasi ini bisa bekerja di banyak tempat," kata Shelby.


(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya