Gubernur BI Jamin ke Jokowi Inflasi 2016 Terkendali

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
VIVA.co.id
Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi
- Perkembangan Indeks Harga Konsumen dalam tujuh bulan terakhir tercatat mengalami inflasi 1,76 persen secara
year to date
Ekonomi Tumbuh karena Pemerintah Lakukan Ini
, atau berada di posisi yang relatif rendah dari proyeksi yang ditetapkan pemerintah sebesar empat persen sampai akhir tahun.

Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher
Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, di depan Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di Rapat Koordinasi Nasional VII Tim Pengendalian Inflasi Daerah, yang dihelat di Hotel Grand Sahid, Jakarta, 4 Agustus 2016.

"Tren inflasi sejak tahun lalu terus berlanjut sampai dengan Juli 2016," jelas dia.

Mantan Menteri Keuangan tersebut memaparkan, rendahnya inflasi nasional dalam tujuh bulan terakhir memang dikarenakan laju inflasi pada bulan puasa dan pasca lebaran jauh lebih terkendali. Padahal, biasanya di periode tersebut menjadi puncak musim inflasi.

"Secara month to month lebih rendah. Dari rata-rata historis, inflasi selama Ramadan dan lebaran tahun ini lebih rendah dari lima tahun terakhir," tutur Agus.

Capaian ini, ditegaskan Agus, tak lepas dari penguatan koordinasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun otoritas moneter dalam menjaga stabilitasi ketersediaan bahan komoditas dan menjaga arus distribusi.

"Ini hasil kerja keras kita bersama. Volatile food yoy (year on year) jauh lebih rendah dari 2014 sebesar 10,88 persen," kata Agus.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya