10 Perusahaan Otomotif yang Diidam-idamkan Pencari Kerja

Para pekerja merakit sepeda motor di suatu pabrik di Cikarang, Jawa Barat.
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVA.co.id – Industri otomotif merupakan salah satu industri yang menarik perhatian banyak orang sebagai konsumen. Salah satunya karena gencarnya promosi yang dilakukan oleh para pemain dalam industri ini dalam memasarkan produk-produk mereka. 

Honda Luncurkan Motor Matik Baru di Indonesia

Misalnya, melalui pameran otomotif seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang sedang dihelat saat ini hingga 21 Agustus mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.
 
Namun, meski menjadi daya tarik bagi para konsumen dan penggemar otomotif, bagaimanakah dunia otomotif di mata para pencari kerja? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Jobplanet.com, platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan melakukan riset. 

Data riset itu dikumpulkan melalui situs webnya selama semester I atau Januari–Juni 2016. Jobplanet menggunakan 480 perusahaan otomotif yang terdaftar dalam situsnya sebagai sampel.
 
Berdasarkan analisis terhadap jumlah pageview atau kunjungan ke laman-laman perusahaan yang bergerak di industri otomotif di portal tersebut. Jobplanet menemukan bahwa kebanyakan perusahaan otomotif yang menarik perhatian para pencari kerja di Indonesia adalah perusahaan-perusahaan yang berafiliasi dengan Grup Astra.
 
Tiga perusahaan otomotif yang lamannya paling banyak dikunjungi oleh pencari kerja, misalnya, merupakan perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan Grup Astra. Mereka adalah PT Astra Honda Motor yang lamannya mendapatkan jumlah kunjungan terbanyak, yakni sebesar 20,17 persen diikuti oleh PT Toyota Astra Motor sebesar 10,05 persen dan PT Astra International Tbk sebesar 8,01 persen.
 
"Jumlah kunjungan ke laman suatu perusahaan menunjukkan keingintahuan pencari kerja akan seluk-beluk perusahaan tersebut. Astra merupakan pemain besar dalam industri otomotif, dan telah memiliki ratusan ribu anak perusahaan. Jadi, tak mengherankan jika para pencari kerja penasaran dengan seluk-beluk berbagai perusahaan yang berafiliasi dengan Astra," ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia. 

Sensasi Seru Keliling Lombok Pakai Honda ADV150

Berikut sepuluh perusahaan otomotif yang paling menarik perhatian pencari kerja di Jobplanet.com dikutip dari keterangan resminya, Senin 5 Agustus 2016.:

1. PT Astra Honda Motor (20,17 persen)
2. PT Toyota Astra Motor (10,05 persen)
3. PT Astra International Tbk (8,01 persen)
4. PT Gajah Tunggal Tbk (7,82 persen)
5. PT Astra Daihatsu Motor (4,94 persen)
6. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (4,93 persen)
7. PT Honda Prospect Motor (3,99 persen)
8. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (3,46 persen)
9. PT Astra Otoparts Tbk (1,82 persen)
10. PT Astra International Tbk – Toyota Sales Operation (0,83 persen)

Kaget, Beli Honda Monkey Sekarang Motornya Dikirim Tahun 2023

Dari riset ini, Jobplanet menemukan bahwa bukan hanya anak-anak perusahaan Astra yang menarik perhatian pencari kerja, tapi juga Grup Astra sebagai konglomerasi secara keseluruhan. Hal ini terlihat dari PT Astra International Tbk yang menempati posisi ketiga perusahaan dengan jumlah kunjungan tertinggi.

Honda CB150X dipamerkan di GIIAS 2021.

Asyik, Beli Honda CB150X Dapat Promo Menarik

PT Daya Adicipta Motora (DAM) yang memberikan penawaran program penjualan menarik, bagi konsumen yang ingin membeli motor sport adventure touring Honda CB150X. 

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2022