Menteri Perdagangan Ungkap Tiga Poin Prioritas Pangan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukito dan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, bersama dengan Gubernur DKI, Jakarta Basuki Tjahja Purnama, melakukan rapat terbatas mengenai distribusi pangan di ruang rapat Kementerian Perdagangan, Jakarta,  pada Senin, 15 Agustus 2016.

Meroketnya Harga Pangan Buat Nilai Tukar Petani Desember 2021 Naik

Enggar mengungkapkan dalam konferensi pers, Presiden Joko Widodo memerintahkan tiga poin prioritas kepada semua para pemain pangan pemerintahan. Pertama, menyediakan pasokan. Kedua, menurunkan harga dan stabilisasi harga pangan. Ketiga, serap semua produksi dalam negeri.

Dia mengatakan, tiga poin prioritas tersebut telah menjadi komitmen pemerintah dan menjadi upaya untuk mendorong kemandirian pangan dalam negeri. "Kami membantu Presiden untuk mengamankan hal yang telah diputuskan dan disepakati bersama," ujarnya.

Airlangga: Harga Pangan yang Naik Akhir Tahun Untungkan Petani

Persoalan utama, yang menjadi perhatian pihak pemerintah adalah indikator yang membuat harga tinggi masih terjadi, walaupun produksinya sudah sempat meningkat.

Menurutnya, pihak Kementerian Pertanian telah berusaha keras meningkatkan produksi pertanian. Sayangnya kurang berdampak langsung kepada penurunan harga.

PBB: Harga Pangan Global Melonjak ke Level Tertinggi dalam 10 Tahun

"Menteri Pertanian sangat luar biasa karena meningkatkan produksi pertanian kita. Berusaha meningkatkan produksi pertanian kita, tapi ternyata, ini tidak memberi dampak langsung kepada penurunan harga. Itu yang jadi konsen kita," ujarnya.

(mus)

Pembeli dan penjual daging sapi di Pasar Slipi, Palmerah, Jakarta Barat.

Usai Minyak Goreng dan Kedelai, Kini Harga Daging Sapi Merangkak Naik

Harga jual daging sapi jelas Ramadan tercatat berada di atas Rp120 ribu per kilogramnya atau mencapai Rp140 ribu per kilogram.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022