Tips Dapatkan Laptop Bekas Bagus dengan Harga Miring

Laptop
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Ada dua macam gawai yang hampir melekat dengan kebutuhan sehari-hari, yaitu smartphone dan laptop. Laptop bisa dibilang hampir menggantikan fungsi dari desktop sehari-hari, karena mobilitasnya yang tinggi.

Ingin Daftar Asuransi Syariah, Pahami Dulu 5 Hal ini

Sayangnya, semakin tinggi spesifikasi dari suatu laptop tentu mengakibatkan harganya yang semakin maha, hingga mencapai puluhan juta rupiah. Salah satu cara untuk mendapatkan laptop seperti itu dengan harga hemat adalah membeli yang second (bekas).

Hanya saja, untuk mendapatkan yang masih berkualitas perlu ada beberapa tips yang perlu  diperhatikan. Simak tips-tips tersebut di bawah ini:

Bocoran Itung-itungan KPR yang Belum Banyak Orang Tahu

1. Mulai dari riset harga di pasaran

Jika kamu mengetahui harga pasar dari laptop yang masih baru, kamu bisa menjadikan harga tersebut sebagai basis untuk negosiasi. Kemudian, kamu juga bisa mengecek harga berbagai laptop bekas yang dijual oleh bermacam-macam pembeli di forum jual beli online barang bekas. Dengan begini, kamu bisa mendapat bayangan berapa besar harga yang pantas untuk calon laptop second kamu.

5 Persiapan Pasangan Muda Kalau Ingin Punya Rumah Sendiri

Baca juga: 4 Jenis Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya!

2. Pastikan kamu pakai COD

Cash on delivery (COD) merupakan sistem pembayaran di tempat, di mana penjual dan pembeli sama-sama bertemu. Untuk barang bekas, kamu tentu harus bertemu langsung dengan penjualnya untuk mengetahui karakteristik si penjual (apik atau tidak), sekaligus mencoba langsung kinerja calon laptop tersebut.

3. Cek kesesuaian spesifikasi laptop

Saat mengutak-atik laptop bekas, pastikan kamu mengecek apakah spesifikasi laptop sesuai dengan yang disebutkan oleh penjual. Kamu bisa melihat ini di bagian setting, atau buka command run dan ketik ‘dxdiag’ lalu tekan enter.

4. Kondisi hardware

Berikutnya, pastikan kondisi hardware masih dalam kondisi baik atau sesuai dengan yang dijelaskan oleh penjual. Sebagai contoh, untuk memeriksa hard disk kamu bisa melakukan copy paste file di antara folder atau drive.

Jika sangat lambat, maka kemungkinan hard disk bermasalah. Periksa juga seluruh tombol keyboard dan mousepad apakah masih berfungsi dengan baik, karena kalau ada yang rusak akan sulit diganti. Pastikan juga layar, WiFi, colokan untuk USB, Fan, Webcam, dan sebagainya masih berfungsi dengan benar.

Baca juga: 3 Cara Jitu untuk Bertahan Hidup dan Bangkit Kembali dari Situasi Bokek

5. Usahakan untuk beli yang umurnya di bawah satu tahun

Memang semakin lama usia pemakaian, semakin murah pula harga laptop tersebut. Namun, laptop yang usianya sudah terlalu lama berpotensi pernah mengalami kerusakan tertentu di bagian tertentu.

Laptop usia di bawah satu tahun biasanya masih dilindungi oleh garansi. Hal ini membuat produk laptop tersebut masih cukup terjamin dari segi kualitas.

6. Gunakan koneksi teman

Selain di forum jual beli online, kamu bisa mulai dari teman-teman sendiri dulu. Barangkali di antara mereka ada yang memang mau melepas laptop dengan harga miring dan kualitasnya baik. Jika teman kamu memang apik, hal ini memperbesar kemungkinan kamu mendapatkan laptop yang masih bagus.

Baca juga: 4 Poin Penting Sebelum Gunakan Pinjaman untuk Menikah

Kalau kamu ingin membeli laptop baru dengan harga yang terjangkau, maka pakailah kartu kredit. Kamu bisa memanfaatkan berbagai promo seperti diskon dan cicilan nol persen untuk mempermudah kamu memperolehnya. Gunakan situs perbandingan produk populer seperti HaloMoney.co.id untuk melakukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya