Asumsi Harga Minyak Indonesia 2017 US$45/Barel

Rig Minyak.
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo mengajukan asumsi rata-rata harga minyak mentah Indonesia, atau Indonesia Crude Price (ICP) dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2017 sebesar US$45 per barel. 

Penampilan Ajudan Jokowi Kompol Syarif Muhammad Fitriansyah yang tak Kalah Heboh

Menurut Jokowi, asumsi ICP yang diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), setelah melihat adanya peningkatan kebutuhan energi dalam rangka pemulihan ekonomi global, sehingga menjadi faktor utama yang akan memengaruhi harga minyak sepanjang 2017

"Peningkatan kebutuhan energi dunia dalam pemulihan ekonomi global menjadi faktor yang akan pengaruhi harga minyak dunia pada tahun depan," jelas Jokowi, dalam pidato nota keuangan dan RAPBN 2017 di gedung DPR/MPR, Selasa 16 Agustus 2016.

Tak Hanya Mineral, Jokowi Sebut RI juga Bakal Hilirisasi Rumput Laut hingga Kelapa

Sementara itu, untuk volume minyak dan gas bumi (migas) yang siap dijual sepanjang tahun depan, Jokowi memperkirakan mencapai 1,93 juta barel setara minyak per hari.

Volume migas tersebut, terdiri dari produksi minyak bumi yang mencapai 780 ribu barel per hari dan gas bumu yang mencapai 1,15 juta barel setara minyak per hari.

9 Baju Adat yang Dipakai Jokowi dari Tahun ke Tahun Saat Pidato Kenegaraan

"Asumsi dasar ekonomi makro yang ditetapkan tersebut mencerminkan kondisi perekonomian terkini, serta memperhatikan proyeksi perekonomian mendatang, sehingga diharapkan akan lebih realistis dan kredibel," tambahnya. (asp)

Pidato Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI Bersama DPR dan DPD 2023

Jokowi Sebut Pemimpin Indonesia Masa Depan Harus Berani Tidak Populer

Presiden Jokowi mengatakan tantangan bangsa Indonesia ke depan tidaklah mudah. Menurutnya, pemimpin bangsa penerusnya nanti harus berani tidak populer

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2023