Tips Aman Gunakan Internet Banking

Internet banking.
Sumber :
  • http://mrasyiduddin.blogspot.com

VIVA.co.id – Di zaman yang sudah serba modern ini, pembayaran melalui internet banking sudah menjadi pilihan utama bagi setiap masyarakat, terutama masyarakat Indonesia.

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Dengan berbagai macam kemudahan yang ditawarkan dari penggunaan internet banking, kini orang-orang lebih memilih tidak keluar rumah untuk membayar listrik, pembelian pulsa, dan agihan-tagihan lainnya, melainkan dengan menggunakan internet banking. 

Namun, nyatanya di balik berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh fasilitas internet banking, terdapat juga berbagai kelemahan di belakangnya, seperti risiko untuk terkena hack, terbatasi oleh kuota dan juga tidak bisa digunakan apabila sistem mengalami gangguan. 

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

Namun, dalam artikel ini kami tidak akan membahas tentang kekurangan dalam menggunakan internet banking, melainkan perihal beberapa tips aman menggunakan internet banking.

1. Sign out 

Jessica Iskandar Alami Masalah Keuangan, Begini Reaksi Nia Ramadhani

Dikarenakan penggunaan internet banking sangat rentan untuk terkena hack, Anda sangat disarankan untuk keluar dari akun Anda sesegera mungkin setelah melakukan transaksi dengan fasilitas internet banking. 
Anda pun disarankan untuk menggunakan gadget pribadi, seperti handphone, tablet, Laptop atau komputer pribadi untuk melakukan transaksi online tersebut.

Adapun apabila Anda tidak menggunakan gadget pribadi, Anda harus langsung menghapus history di gadget yang Anda gunakan dan keluar dari akun Anda.  Tambahan lainnya, Anda pun disarankan untuk mengganti password atau sandi dari akun Anda setiap sebulan sekali. Hal ini sangatlah vital untuk menghindari terjadi hack pada akun Anda.

Baca Juga: Atasi Stres Kamu Ditempat Kerja Dengan Cara Ini

2. Teliti

Ketelitian sangatlah diperlukan dalam menggunakan internet banking. Salah satunya adalah membaca setiap respon dari pihak Bank. Biasanya setiap informasi yang akan Anda dapatkan akan dikirim melalui e-mail. 

Karena itu, Anda harus rajin untuk mengecek setiap e-mail yang masuk ke akun Anda dan juga mengecek setiap isinya dengan sangat teliti. Pastikan bahwa Anda mendapatkan informasi yang sesuai dengan yang Anda inginkan ketika awal membuat akun internet Banking. 

Hal lainnya adalah Anda harus memastikan bahwa informasi yang Anda dapatkan merupakan informasi dari pihak internet banking yang Anda gunakan, bukan dari e-mail pihak lain. Hal ini menjadi cukup berbahaya karena terjadinya pembajakan biasanya diawali dari e-mail yang gunakan tanpa meneliti dari mana saja e-mail tersebut masuk ke akun Anda.

Baca juga: Mengapa Dana Darurat Penting Untuk Anda?

3. Jaga kerahasiaan akun Anda

Hal ini tentu adalah hal yang paling penting dalam menjaga keselamatan akun internet banking Anda. Salah satunya adalah dengan tidak memberitahukan segala hal yang bersifat rahasia dan berhubungan dengan internet banking Anda kepada siapapun. 

Dengan begitu, Anda harus memastikan bahwa hanya Anda saja yang mengetahui tentang apapun dalam akun internet banking tersebut. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, penggunaan gadget pribadi sangat penting dalam penggunaan fasilitas internet banking tersebut. 

Terlebih lagi perihal e-statement. Anda sangat dilarang untuk meninggalkan berkas e-statement di computer umum, baik itu yang masih berupa soft file ataupun yang sudah di print. Hal ini bisa saja disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan tentunya akan merugikan akun internet banking Anda kelak nanti.

Baca Juga: 8 Cara Menghemat Paket Internet

4. Jaga gadget Anda dengan baik

Biasanya, para pengguna internet banking akan menggunakan gadget pribadi mereka, yaitu handphone atau smartphone mereka. Namun, hal ini akan menjadi sebuah masalah apabila Anda kehilangan gadget Anda tersebut. Karena itu, menjaga gadget Anda dengan baik pun akan sangat berguna dalam menghindari terjadinya hack pada akun internet banking Anda. 

Apabila Anda kehilangan gadget Anda, Anda sangat disarankan untuk menutup akun dari internet banking Anda dengan langsung mengonfirmasi hal tersebut ke pihak Bank yang Anda gunakan jasanya. Dengan begitu, akun internet banking Anda akan tetap terjaga dari kemungkinan terjadinya pembajakan atau hack.

5. Waspada dan berhati-hatilah

Di balik segala kemudahan, tentu ada pula kelemahan. Hal ini pun berlaku pada penggunaan internet banking. Anda sangat diharapkan untuk bisa terus waspada , dalam menggunakan internet banking dengan melakukan beberapa tips dan trik di atas. 

Dengan terus berhati-hati dan waspada dalam menggunakannya, tentu Anda akan terus bisa menggunakan fasilitas internet banking dengan aman dan juga nyaman.

Baca Juga: 7 Layanan E Banking yang Perlu Anda Ketahui

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya